Mengenal 7 Jenis Sekolah di Indonesia, Pilih Homeschooling atau Boarding School

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:56 WIB
loading...
A A A
Namun sekolah nasional plus tetap memakai kurikulum Kemendikbudristek sebagai dasarnya, hanya terdapat beberapa perbedaan saja.

Baca juga: Bingung Pilih Sekolah Unggulan? Ini 10 SMK Terbaik di Indonesia Versi LTMPT

Contoh perbedaan yang dimaksud misalnya bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Ada juga sekolah yang memakai bahasa tambahan Bahasa Mandarin.

Pada sekolah yang menerapkan kurikulum nasional plus, biasanya akan mendatangkan native speakers untuk mengajar dengan kurikulum internasional.

Biasanya kurikulum internasional yang dipakai adalah Cambridge International Examination atau CIE dan International Baccalaureate Organization atau disingkat IBO.

4. Sekolah Internasional


Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan sekolah internasional tersebut? Murid dari sekolah internasional berasal dari berbagai negara, karena memang awalnya dibuat untuk para ekspatriat di Indonesia.

Konsep sekolah internasional adalah penggunaan kurikulum internasional yang telah mendapatkan akreditasi.Gurunya juga banyak yang didatangkan dari luar negeri.

Bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran sekolah tentu saja adalah Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional.

Peminat dari jenis sekolah di Indonesia yang satu ini cukup banyak terutama dari kalangan selebritis.

Fasilitas kelas yang lengkap dan sarana lainnya juga dibuat dengan kualitas sangat unggul.

5. Sekolah Alam


Sekolah alam awalnya digagas oleh Lendo Novo yang gusar akan biaya sekolah yang semakin mahal dan tidak terjangkau oleh masyarakat tidak mampu.

Mungkin Anda juga pernah mendengar sekolah alam yang salah satunya dibuat oleh Dik Doank.

Pengajaran diberikan di alam terbuka dengan konsep sekolah lebih menekankan pada praktik nyata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)