Anak Tukang Bubur Ini Lulus Cum Laude di ITB, Penuhi Janji ke Mendiang Ibu

Minggu, 17 Maret 2024 - 10:35 WIB
loading...
A A A
“Saya sangat senang karena pada akhirnya menamatkan perjuangan kuliah dan tugas akhir saya dengan hasil yang cukup memuaskan, " katanya, dikutip dari laman Puslapdik, Minggu (17/3/2024).

Terlahir dari keluarga sederhana, ayah Melly Tan Si Eng hanya bisa sekolah sampai SD saja. Tan Si Eng pernah berprofesi sebagai tukang bubur ayam di sekitar rumahnya di Jalan Pagarsih, Kota Bandung, Jawa Barat.

Namun, kondisi lock down akibat bencana Covid-19 tahun 2019-2021 membuat jualan bubur ayamnya terhenti. Pascapandemi, ayahnya tidak melanjutkan jualan bubur ayamnya dan memilih bekerja serabutan sebagai tukang cat rumah.

Kedua orang tuanya, walaupun berpendidikan rendah, sangat menyadari bahwa pendidikan sangat penting dan merupakan kunci utama keberhasilan.

Baca juga:

“Sebenarnya mereka sangat ingin kedua anaknya bisa memperoleh gelar sarjana, namun kenyataan berkata lain, hanya saya yang mau dan bisa lulus kuliah, kakak saya mungkin memilih jalan hidup lain, “ ucapnya.

Bantu Keluarga dengan Buka Katering


Di keluarganya, hanya Melly yang bisa kuliah, kakaknya hanya tamatan SMA. Untuk kehidupan sehari-hari, Melly dan kakaknya membuat usaha katering kecil-kecilan. Melly juga nyambi menjadi guru les murid SD-SMA.

Lingkungan tempat tinggal Melly sendiri, walaupun berada di tengah Kota Bandung, merupakan masyarakat yang kurang menyadari pentingnya pendidikan. Mayoritas penduduk jalan Pagarsih merupakan pedagang informal dan pelaku usaha kecil.

Sangat jarang ditemukan anak muda yang melanjutkan pendidikan hingga kuliah.

“Memang ada yang melanjutkan hingga jenjang perguruan tinggi, namun persentasenya sangat kecil. Mayoritas menikah setelah lulus SMP ataupun SMA," ujar Melly.

Ia mengungkapkan, lingkungan tempat tinggalnya tidak mendukung cita-cita dan harapannya. Tak sedikit yang menilai, Mely membebani orangtuanya dengan keinginannya untuk berkuliah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0848 seconds (0.1#10.140)