Kunjungi Universitas Edinburgh Skotlandia, Al Azhar Siap Jadi Kampus Ramah Disabilitas

Senin, 18 Maret 2024 - 22:13 WIB
loading...
A A A
‘’Karena itu, mereka melangkah jauh dari kebutuhan dasar yang ramah. Misalnya, soal definisi saja, di Skotlandia sudah berkembang perluasan definisi disabilitas. Mental health, atau masalah-masalah mental mahasiswa dalam belajar itu digolongkan ke dalam disabiltas,’’ tambah Edo.

Chair of Childhood Visual Impairment Professor John menyampaikan sangat antusias menyambut kerja sama ini. Menurutnya, jika perguruan tinggi di Indonesia seperti UAI mulai menyelenggarakan pendidikan inklusi dari nol, itu sangat baik.

‘’Kalau dari nol, itu memberikan keleluasaan bagi kami untuk berkontribusi dan berharap ini akan menjadi pilot project yang nantinya akan menjadi panduan perguruan tinggi lainnya di Indonesia,’’ kata John.

Selain diskusi bersama John, Elizabeth dan para koleganya, tim dosen muda ini juga melalui sejumlah kegiatan seperti bertemu alumni dengan kondisi disabilitas netra, para guru dari seluruh penjuru United Kingdom, hingga ikut serta dalam pelatihan pelatihan menyusun materi pembelajaran ramah netra.

‘’Kami juga mendengar langsung apa saja yang dikerjakan Pusat Disabilitas UoE dalam mempersiapkan calon mahasiswa disabilitas yang akan menjalankan studi. Tak kalah menarik, kami diskusi dengan perwakilan dari Communication, Access, Literacy dan Learning (Call) Edinburgh, sebuah organisasi nirlaba yang merupakan unit MHSES yang membantu anak-anak dan pemuda disabilitas di sana dalam menghadapi keterbatasan dalam proses belajar,’’ kisah Cut Meutia Karolina.

Kegiatan intensif selama lima hari ini juga diisi dengan mengikuti seminar “Socio Emotional Support for Students with Visual Impairment in Higher Education” hingga diskusi dengan peneliti asal Australia tentang pendidikan inklusi di negaranya. Makan malam yang hangat di sebuah resto di tengah kota Edinburgh menjadi penanda akhir perjalanan belajar di kota yang memiliki lanskap arsitektur unik juga ikonik dari abad 15.

John Ravenscroft dan Elizabeth McCann dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia, khususnya UAI, pertengahan Mei 2024 untuk memberikan seminar dan pelatihan bagi dosen-dosen dalam membuat materi pembelajaran yang ramah disabilitas. Mereka juga akan mendampingi UAI dalam merumuskan policy brief terkait kampus yang ramah untuk teman-teman netra.

‘’Ini harus menjadi pilot project bagi perguruan tinggi lain dalam persiapan atau pengembangan kebijakan menerima mahasiswa disabilitas,’’ kata Cut Meutia.
(cip)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1816 seconds (0.1#10.140)