Kurikulum Merdeka Resmi Berlaku Nasional, Ada Masa Transisi

Kamis, 28 Maret 2024 - 10:07 WIB
loading...
A A A
Kemudian pada 2024, katanya, akhirnya Kurikulum Merdeka ditetapkan sebagai kurikulum di PAUD, pendidikan dasar dan menengah secara nasional.

"Jadi sebenarnya yang belum mengimplementasi ini hanya 20 persen sekolah formal. 80 persen sudah mulai. Jadi sekarang kita kukuhkan sebagai kurikulum nasional," demikian Nadiem menjelaskan.

Masa Transisi


Lalu bagaimana dengan sekolah yang belum menerapkan Kurikulum Merdeka? Nadiem meminta jangan khawatir karena ada masa transisi untuk sekolah itu bisa beradaptasi.

Dia menyebutkan, masa transisi implementasi Kurikulum Merdeka selama dua tahun berlaku untuk sekolah-sekolah yang ada di luar daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).

"Sementara untuk sekolah-sekolah di daeah 3T kita berikan masa transisi yang lebih panjang lagi, 3 tahun masa transisi dari sekarang. Jadi tidak perlu panik, tidak perlu takut, tidak perlu stres," imbuhnya.

Kemendikbudristek memberikan masa adaptasi bagi sekolah sehingga masih bisa menggunakan Kurikulum 2013 sampai dengan tahun ajaran 2025/2026 untuk sekolah di luar daerah 3T dan hingga tahun ajaran 2026/2027 untuk sekolah di daerah 3T.

"Sekolah-sekolah yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka silakan lanjut untuk menerapkan di seluruh angkatannya. Mereka setiap tahun sudah semakin jago," katanya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1368 seconds (0.1#10.140)