10 Perguruan Tinggi Negeri Favorit dengan Jumlah Mahasiswa Terbanyak

Rabu, 10 April 2024 - 13:00 WIB
loading...
10 Perguruan Tinggi Negeri Favorit dengan Jumlah Mahasiswa Terbanyak
Universitas Brawijaya Malang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia yaitu ada 55.332 orang.Kampus UB ada di Malang dan Jakarta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 PTN dengan jumlah mahasiswa terbanyak. Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri menjadi idaman banyak calon mahasiswa baru. Kuliah di PTN bisa membanggakan keluarga karena tidak semua orang bisa lolos akibat banyaknya jumlah peminat sedangkan daya tampungnya sedikit. Mengutip akun Instagram @masukptn, artikel kali ini akan membahas 10 PTN dengan jumlah mahasiswa terbanyak, simak ya!

10 PTN Favorit dengan Jumlah Mahasiswa Terbanyak


1. Universitas Brawijaya (UB)


Universitas Brawijaya merupakan PTN yang terletak di Malang tapi ada juga cabang Jakarta. Universitas Brawijaya memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia yaitu ada 55.332 orang.

2. Universitas Indonesia (UI)


Universitas Indonesia atau UI merupakan PTN yang favorit setiap tahunnya. UI memiliki jumlah mahasiswa terbanyak kedua di Indonesia dengan 41.222 orang.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Universitas Gadjah Mada merupakan PTN yang juga termasuk favorit. UGM jumlah mahasiswanya ada 39.209 orang.

4. Universitas Hasanuddin (Unhas)


Universitas Hasanuddin adalah PTN yang ada di Makassar. Unhas memiliki jumlah mahasiswa terbanyak keempat di Indonesia sebanyak 38.942 orang.


5. Universitas Jember (Unej)


Universitas Jember memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 36.654 orang. Universitas Jember adalah PTN kelima yang jumlah mahasiswanya terbanyak di Indonesia.

6. Universitas Sriwijaya (Unsri)


Universitas Sriwijaya di Palembang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak keenam di Indonesia yaitu terdapat 36.361 orang.

7. Universitas Sumatera Utara (USU)


Universitas Sumatera Utara atau USU yang ada di Medan jadi PTN ketujuh dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia. Jumlah mahasiswa di USU ada 35.761 orang.

8. Universitas Diponegoro (Undip)


Universitas Diponegoro atau Undip yang ada di Semarang memiliki jumlah mahasiswa sebanyak 35.688 orang. Undip mendapatkan peringkat kedelapan sebagai PTN dengan jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia.

9. Universitas Padjadjaran (Unpad)


Universitas Padjadjaran atau Unpad merupakan PTN kesembilan dengan jumlah mahasiswa terbanyak yaitu ada 35.498 orang.

10. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)


Universitas Negeri Surabaya adalah PTN kesepuluh yang ada di kategori jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia dengan 35.066 orang.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)