Sudah Siap Ikut UTBK 2024? Ini Cara Belajar Metode Mind Mapping yang Bisa Dicoba

Selasa, 16 April 2024 - 11:00 WIB
loading...
A A A
Penalaran matematika: 20 soal (30 menit)

Literasi bahasa Indonesia: 30 soal (45 menit)

Literasi bahasa Inggris: 30 soal (30 menit)

2. Rencanakan Jadwal Belajar


Metode mind mapping tak akan berjalan jika peserta tak sungguh-sungguh dalam belajar. Agar konsisten belajar, peserta perlu membuat rencana jadwal belajar.

Dengan begitu, peserta bisa membagi waktu antara belajar UTBK, beristirahat dan melakukan kegiatan lain. Hal ini juga bermanfaat sebagai latihan membagi waktu saat nanti mengerjakan soal UTBK.

3. Membuat Mind Map untuk Setiap Topik


Agar lebih jelas lagi, peserta bisa membuat mind map per topik ujian UTBK. Peserta bisa membuatnya mulai dari topik utama misalnya Tes Potensi Skolastik (TPS).

Kemudian, peserta bisa mengerucutkan mind map dari topik tersebut menjadi beberapa sub yang ada di materi TPS yaitu pengetahuan kuantitatif, kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, dan kemampuan memahami bacaan dan menulis.

4. Gunakan Simbol dan Warna


Setelah membuat mind map untuk topik utama dan sub topik, selanjutnya peserta bisa menggunakan simbol. Peserta bisa menggunakan warna atau gambar untuk menyoroti informasi penting.

Misalnya, dalam belajar materi TPS, peserta bisa memberi warna menggunakan stabilo dalam menyoroti sub topik yang kurang dipahami. Harapannya, peserta bisa lebih berfokus pada materi yang sulit dipahami agar segera bisa terpecahkan.

5. Review dan Latihan Teratur


Kunci dalam memahami banyaknya sub topik yang ada dalam materi UTBK adalah berlatih secara teratur. Peserta perlu berlatih contoh soal agar semakin siap menghadapi tes UTBK 2024.

Selain itu, peserta juga bisa mengulas materi yang telah dipelajari serta soal-soal yang sudah dikerjakan. Coba lihat kembali soal mana yang membutuhkan waktu lama pengerjaannya untuk dipelajari lebih dalam lagi.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)