3 Contoh Teks Orasi dan Pidato Hari Buruh yang Bisa Jadi Referensi

Rabu, 01 Mei 2024 - 07:43 WIB
loading...
3 Contoh Teks Orasi dan Pidato Hari Buruh yang Bisa Jadi Referensi
Contoh teks orasi dan pidato Hari Buruh ini dapat dijadikan sebagai referensi ketika melakukan aksi demonstrasi. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Contoh teks orasi dan pidato untuk Hari Buruh ini dapat dijadikan sebagai referensi ketika melakukan aksi demonstrasi. Hari Buruh yang diperingati setiap 1 Mei akan jadi hari yang dipenuhi oleh para buruh yang turun ke jalan untuk melakukan demonstrasi.

Sepanjang tahun, setiap buruh akan berdemo untuk meminta berbagai hak yang belum dapat mereka terima. Sebenarnya kebijakan tentang perburuhan di Indonesia sudah mengalami banyak peningkatan sejak pertama kali protes buruh dilakukan sejak 1886 silam.

Baca juga: 3 Contoh Teks Pidato Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, Cocok untuk Lomba hingga Sambutan Acara

Misalnya saja seperti diberlakukannya jam kerja 8 jam per hari untuk para buruh. Kemudian di tahun 2022 lalu para buruh menyuarakan tentang "lingkungan kerja yang aman dan sehat".

Umumnya setiap tahun, apa yang disuarakan oleh buruh selalu berubah-ubah tergantung kondisi yang mereka hadapi. Terkait tema yang diangkat oleh para buruh dalam berorasi, berikut ini beberapa contoh teks orasi dan pidato Hari Buruh.

3 Contoh Teks Orasi dan Pidato Hari Buruh

1. Contoh Pertama


Hari ini, 1 Mei 2024 memiliki arti yang sangat penting bagi kita semua. Hari Buruh Internasional menjadi momentum yang menunjukkan hak, rasa hormat, hingga martabat para buruh dan juga pekerja. Tanggal 1 Mei juga merupakan simbol dari kebebasan dalam berdemokrasi.

Melalui peringatan Hari Buruh, kita semua mampu mengekspresikan pendapat dan membela hak-hak kita. Ini sekaligus memastikan bahwa organisasi kita juga memiliki kesempatan yang sama.

Saat ini kita tengah mewujudkan angkatan kerja yang dapat dikelola dengan baik hingga mampu menyediakan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dunia. Bukan hanya itu, kita juga harus memastikan bahwa hak-hak masyarakat terpenuhi. Adanya kesetaraan penuh antara laki-laki dan perempuan juga perlu untuk mendapatkan perhatian.

Baca juga: May Day, 900 Buruh Asal Kabupaten Bogor Bakal ke Jakarta

Ini berkaitan dengan hak yang harus diberikan sesuai dengan rasa hormat dan martabat yang memang seharusnya diterima oleh setiap orang. Marilah kita untuk berpartisipasi dalam masa depan kita sebagai buruh dan pekerja dengan menciptakan kondisi yang lebih baik. Terutama bagi sesama rekan kerja dan orang-orang yang berjuang di jalan yang sama.

Terima kasih banyak.

2. Contoh Kedua


Kami, atas nama buruh, akan totalitas dalam menentang segala kebijakan pemerintah yang dapat mengancam serta mereduksi kualitas hidup dan kesejahteraan kaum buruh. Sebab, kebijakan yang tidak berpihak pada kaum buruh juga akan mengancam masa depan anak bangsa.

Pemogokan akan dilakukan di mana-mana jika ada kebijakan yang merugikan kaum buruh. Bukan hanya buruh pabrik, tapi juga buruh perkantoran akan keluar. Kami diskusikan pemogokan umum yang sensasional. Bukan hanya buruh, melainkan mahasiswa, pelajar, dan elemen rakyat lainnya.

Dalam aksi ini, kami [nama serikat buruh] bersama-sama dengan elemen serikat pekerja yang lain akan menyuarakan sikap pekerja Indonesia menolak Omnibus Law dan kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

Baca juga: 5 Contoh Teks Pidato Hari Kartini, Bisa untuk Lomba hingga Sambutan Acara Peringatan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2774 seconds (0.1#10.140)