Universitas MH Thamrin Berkomitmen Ciptakan SDM Unggul Berdaya Saing

Jum'at, 17 Mei 2024 - 19:31 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, SDM kesehatan merupakan faktor penggerak paling penting dalam penguatan sistem kesehatan. Terlebih Indonesia yang ditetapkan sebagai negara industri sejak tahun 2014, SDM kesehatan menjadi penyokong produktivitas kerja para SDM di dunia industri yaitu ujungnya akan berpengaruh dengan pertumbuhan ekonomi yang positif.

Menurut Daeng, dengan tersedianya Sumber Daya Manusia Bidang Kesehatam (SDMBK) yang bermutu dapat mencukupi kebutuhan, terdistribusi secara adil dan merata serta termanfaatkan untuk menjamin terselenggaranya pembangunan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Daeng kembali menegaskan bahwa UMHT mempunyai komitmen untuk berkontribusi terhadap program pelayanan kesehatan terutama tentang penyediaan sub sistem SDM Kesehatan di Indonesia.

"Lulusan kampus UMHT diharapkan melahirkan SDM untuk mencukupi termasuk juga SDM yang berkualitas di bidang kesehatan. Dan UMHT memiliki data tenaga kesehatan yang dapat dipercaya terstandarisasi lengkap, terbaharui dan berkualitas menjadi kunci pokok dalam perencanaan dan pengambilan keputusan," ujarnya

Meskipun saat ini UMHT belum mempunyai tenaga dokter, tapi menurut Daeng kampusnya memiliki tenaga kesehatan lainnya, yang bisa berkontribusi untuk negara. Di antaranya, perawat, bidan, ahli gizi, ahli laboratorium, dan ahli teknologi elektro medik, juga SDM di sektor kesehatan masyarakat.

"Jadi kita ingin berkontribusi dengan memproduksi SDM unggul lewat pendidikan kita di kampus UMHT.Sehingga lulusan kita tidak hanya dihargai di dalam negeri, tapi juga luar negeri. Terbukti kita punya pengalaman dan rekam jejak dengan mengirim lulusan untuk bekerja di negara lain," urainya.

Mantan Ketua Umum IDI ini menyampaikan bahwa pemberdayaan SDM kesehatan harus dibarengi dengan peningkatan mutu atau kualitas SDM yang bagus.

"Kita ingin SDM yang melayani masyarakat itu betul-betul SDM yang handal. Dengan berbagai fasilitas yang terus ditingkatkan, UMHT mampu menghasilkan lulusan berdaya saing global. Kita bisa bersaing dengan lulusan-lulusan luar negeri karena kami telah melengkapi dengan ragam fasilitas yang sesuai standar internasional," ujarnya.

Dalam kesempatan media darling tersebut, Daeng juga memperkenalkan beberapa fakultas yang saat ini dimiliki oleh UMHT, yaitu Fakultas Kesehatan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Komputer dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kesemua fakultas tersebut telah dilengkapi dengan ragam fasilitas mendukung guna menghasilkan lulusan unggul yang berdaya saing baik di tingkat nasional maupun international.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)