Pengamat Tegaskan Pemerintah Juga Harus Tanggung Jawab soal Kenaikan UKT

Sabtu, 18 Mei 2024 - 12:12 WIB
loading...
Pengamat Tegaskan Pemerintah Juga Harus Tanggung Jawab soal Kenaikan UKT
Pengamat Kebijakan Pendidikan, Cecep Darmawan meminta pemerintah juga bertanggung jawab atas kenaikan UKT dalam diskusi Polemik MNC Trijaya di Jakarta, Sabtu (18/5/2024). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengamat Kebijakan Pendidikan, Cecep Darmawan mengatakan pimpinan perguruan tinggi negeri (PTN) tak bisa sepenuhnya disalahkan terkait kenaikan uang kuliah tunggal (UKT). Menurutnya, pemerintah juga harus bertanggung jawab.

"Jadi dari sisi itu memang kita tidak sepenuhnya menyalahkan pimpinan perguruan tinggi, pemerintah juga harus bertanggung jawab," kata Cecep dalam diskusi Polemik MNC Trijaya bertajuk Nanti Kita Cerita Tentang UKT Hari ini di Jakarta, Sabtu (18/5/2024).



Cecep meminta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjelaskan kepada publik dan mahasiswa agar kenaikan UKT tidak menimbulkan kegaduhan.

"Saya berharap Pak Menteri atau pimpinan-pimpinan Dikti coba menjelaskan kepada publik, sehingga tidak gaduh," kata Cecep.
Cecep menilai mahasiswa juga seharusnya mempertanyakan dan melakukan protes kepada pemerintah. Menurutnya, aksi-aksi di kampus tidak akan berdampak terlalu signifikan.

"Kalau mahasiswa aksi-aksi semangat tapi masalahnya kan apakah juga itu menyelesaikan, itu harus juga diperhatikan mahasiswa demo di mana-mana ya pemerintahnya diam saja. Yang suruh maju pimpinan perguruan tingginya, terus ke mana pemerintahnya?" kata Cecep.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)
pixels