SMP Islam Amalina Raih Tiga Penghargaan di Ajang Kompetisi Ilmuwan Muda ASEAN 2024

Jum'at, 14 Juni 2024 - 08:47 WIB
loading...
A A A
SMP Islam Amalina Raih Tiga Penghargaan di Ajang Kompetisi Ilmuwan Muda ASEAN 2024

Tim Peneliti Robot Pengukur Kualitas Air SMP Islam Amalina mendapatkan tiga penghargaan di ajang SSYS 2024 di Penang, Malaysia

Proyek penelitian Robot Pengukur Kualitas Air dari SMP Islam Amalina berhasil mendapatkan tiga penghargaan sekaligus yakni, Special Award for Educational Contribution, Special Award for Commercial Potential dan Special Award for Applications for STEM Concept.

“Alhamdulillah, kami bersyukur dan sangat bangga atas keberhasilan tiga tim SMP Islam Amalina yang masuk final dan juga pencapaian yang luar biasa di mana salah satu tim berhasil mendapatkan 3 Awards di SSYS 2024. Ini adalah bukti nyata dari dedikasi, kerja keras, dan kecerdasan para siswa kami dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan,” ujar Kepala Sekolah SMP Islam Amalina Fendra Kusnuryadi kepada SINDOnews.com, Jumat (14/6/2024).

Fendra menambahkan, prestasi ini juga merupakan cerminan dari komitmen SMP Islam Amalina untuk memupuk bakat dan potensi setiap siswa-siswa di bidang sains dan teknologi. Keberhasilan yang diraih oleh tim SMP Islam Amalina ini, lanjut Fendra tidak hanya mengangkat nama sekolah di tingkat nasional, tetapi juga memperkuat posisi mereka sebagai peserta yang diperhitungkan dalam kancah internasional. “Dengan semangat ini, SMP Islam Amalina berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong pengembangan potensi dan bakat peserta didiknya dalam bidang sains dan teknologi,” ujarnya.

SMP Islam Amalina tak pernah ketinggalan mengirimkan tim di ajang bergengi dua tahunan ini. Sebelumnya pada 2014, 2016 dan 2018 sekolah ini berhasil meloloskan para finalisnya di Penang. Event SSYS sempat ditiadakan pada 2020 dan 2022 karena dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Pada SSYS 2014, SMP Islam Amalina juga berhasil mendapatkan penghargaan special award.

Selain mempresentasikan hasil penelitian, para finalis diberikan kesempatan untuk menampilkan karya mereka dalam pameran umum di lokasi acara. Ini menjadi kesempatan yang baik bagi siswa untuk menjelaskan secara langsung kepada audiens dari berbagai negaara yang ingin mengetahui lebih jauh tentang karya mereka. Selain itu, selama event 4 hari para siswa dari Indonesia juga berkesempatan berinteraksi dengan rekan rekan finalis lain dari negera ASEAN yang bisa dijadikan sarana untuk berbagi pengalaman dan membangun jejaring persahabatan lintas negara.

Selain memamerkan kepiawaian dalam penelitian sains dan teknologi, para ilmuwan muda ini juga berkesempataan menampillkan keragaman budaya Indonesia dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah pada saat pameran.

“Alhamdulihan anak-anak SMPI Amalina mempunyai keberanian luar biasa dalam kompetisi level internasional ini. Mereka senang dan bangga bisa tampil di kegiatan SSYS ini karena mendapatkan pengalaman yang luar biasa,” kata Taskiyah Hamdah, guru SMP Islam Amalina yang membimbing dan mengawal kegiatan ini dari awal bersama guru pendamping lainnya Nia Mariana Syahrani.
(cip)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)