Cara Apik SDN 09 Jelambar Baru Jakarta Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

Rabu, 19 Juni 2024 - 13:12 WIB
loading...
Cara Apik SDN 09 Jelambar...
Para siswa SDN 09 Jelambar Baru, Jakarta menampilkan seni tradisi Palang Pintu Betawi. Foto-foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Langi Jakarta Rabu (19/6/2024) pagi itu terlihat cerah. Di bawah terik matahari, dua kelompok pelajar mengenakan pakaian tradisional khas Betawi nampak bertarung sengit layaknya pendekar silat profesional.

baca juga: Gagasan Kritis Pelajar Menggema di Olimpiade Pancasila Tingkat Nasional

Diseling guyonan dengan berbalas pantun, dua kelompok pelajar tadi saling serang, saling tangkis, pukul, tendang sampai akhirnya salah satu kelompok siswa menyerah, undur teratur keluar arena pertarungan. Cara jantan mengakui kekalahan sekaligus kehebatan lawan.

Tradisi palang pintu - seni tradisional Betawi itu, sukses ditampilkan para pelajar SDN 09 Pagi Jelambar Baru, Jakarta Barat. Diketahui, tradisi Palang Pintu merupakan bagian dari prosesi adat dalam penikahan masyarakat suku Betawi.

Makna tradisi ini melambangkan besarnya perlindungan orang tua terhadap putrinya sebelum dipinang. Sedangkan bagi pihak laki-laki, Palang Pintu dapat menunjukkan kesungguhannya yang akan membangun rumah tangga bersama perempuan pilihannya.

Cara Apik SDN 09 Jelambar Baru Jakarta Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

Foto bersama para guru dan siswa SDN 09 Pagi Jelambar Baru, Jakarta Barat.



Tak hanya seni tradisi Palang Pintu dan arak-arakan pengantin khas Betawi, dalam kegiatan bertajuk “Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” tersebut, para siswa juga menampilkan seni tradisi dari berbagai daerah lainnya di Indonesia, mulai Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga sejumlah daerah di timur Indonesia.

Selain itu, ada pula tarian Pelajar Pancasila hingga seni tradisional Marawis. Sepanjang acara, para siswa yang mengenakan pakaian tradisional itu didampingi guru dan orang tua siswa yang juga mengenakan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Di tengah penampilan berbagai karya seni dan budaya itu, sejumlah siswa juga terlihat asyik berjualan berbagai penganan tradisional di stan-stan makanan yang dihias cantik mengelilingi halaman sekolah. Dan hebatnya, seluruh rangkaian acara luar biasa itu disiapkan oleh siswa yang dibantu guru dan orang tua siswa hanya dalam waktu satu minggu.

“Apalagi seni tradisi Palang Pintu tadi, itu latihannya tak sampai satu minggu,” celetuk Asnawi, salah satu orang tua siswa. Pria yang akrab disapa Babe Nawi ini pula yang mengajari pencak silat ke siswa yang tadi mempragakan seni tradisi Palang Pintu.

Cara Apik SDN 09 Jelambar Baru Jakarta Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

Para siswa mempragakan arak-arakan pengantin adat Betawi.


“Kebetulan saya pernah belajar pencak silat khas Betawi, dan juga aktif di sanggar. Dan saya tentu bangga melihat anak-anak, sejak sedari SD sudah mau mengenal dan belajar seni tradisi. Bukan hanya seni tradisi Betawi, tapi juga seni tradisi dari daerah-daerah lainnya di Indonesia,” ujarnya ramah.

Sementara itu, Kepala SDN 09 Jelambar Baru, Jakarta Barat, Nuryuliah, dalam sambutannya mengaku sangat surprise dan mengapresiasi kreativitas para siswa didiknya yang mampu menghadirkan berbagai seni tradisi dan budaya dalam kegiatan sekolah.

“Saya bangga dengan kreativitas anak-anakku, para siswa dalam kegiatan ini. Dan ini salah satu cara menanamkan karakter Pancasila ke siswa, sebagaimana yang dikehendaki oleh Pemerintah, yakni menguatkan Profil Pelajar Pancasila di sekolah-sekolah,” kata Nuryuliah.

Setali tiga uang, salah satu guru, Eman Sulaiman, selaku koordinator acara juga kagum dengan kreativitas dan karya yang dibuat oleh para siswa. “Melalui kegiatan semacam ini siswa dilatih kekompakan, saling bekerja sama, bergotong royong, saling menghargai seperti halnya siswa yang berkarakter Pancasila,” tandasnya.

Dikutip dari situs Belajar Merdeka, Profil Pelajar Pancasila merupakan ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

baca juga: Dorong Pelajar Miliki Profil Pancasila, Kemendikbudristek Gelar Kampanye Digital

Adapun kegunaan Profil Pelajar Pancasila, yakni menerjemahkan tujuan dan visi pendidikan ke dalam format yang lebih mudah dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan pendidikan; menjadi panduan pengembangan karakter bagi pendidik dan pelajar Indonesia; dan mencapai tujuan akhir seluruh pembelajaran, program, dan kegiatan di satuan pendidikan.

Cara Apik SDN 09 Jelambar Baru Jakarta Menguatkan Profil Pelajar Pancasila

Foto bersama para guru dan siswa SDN 09 Pagi Jelambar Baru, Jakarta Barat.

Secara umum, Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia; berkebinekaan global; bergotong royong; mandiri; bernalar kritis; dan kreatif.

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.
(hdr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)