Majukan Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek akan Gelar SkillsIndonesia 2045

Selasa, 09 Juli 2024 - 20:30 WIB
loading...
Majukan Pendidikan Vokasi,...
Kemendikbudristek akan menggelar acara SkillsIndonesia 2045. Acara ini akan menandai tonggak penting dalam transformasi pendidikan vokasi dan pelatihan di Indonesia. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek akan menggelar acara SkillsIndonesia 2045 pada 19 Juli 2024. Acara ini akan menandai tonggak penting dalam transformasi pendidikan vokasi dan pelatihan di Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Uuf Brajawidagda mengatakan, seperti apa peran SDM pada Indonesia Emas 2045 perlu dibahas karena menjadi elemen penting dalam kemajuan bangsa.

Baca juga: Mau Kuliah Vokasi Menantang? Ini 5 Jurusan Unik Politeknik dengan Prospek Cerah

"SkillsIndonesia 2045 adalah inisiatif Kemendikbudristek yang bertujuan untuk memajukan pendidikan vokasi di Indonesia dengan fokus pada pembelajaran sepanjang hayat dan dengan keterampilan untuk menjawab tantangan masa depan," katanya, dalam keterangan resmi, Selasa (9/7/2024).

Dia menyampaikan, acara tersebut di antaranya akan mengekspose hasil kemitraan pendidikan vokasi dengan DUDI serta penyelarasan vokasi di berbagai daerah. Dia berharap, pendidikan vokasi pun akan maju dengan suatu gerakan bersama antara pemerintah pusat, daerah, dan juga DUDI.

Baca juga: Kolaborasi Indonesia-Prancis, Dosen Poltekba Siapkan Desain Drone Bawah Laut untuk Indonesia

"Kami membayangkan ini menjadi suatu gerakan bersama untuk mendorong setiap warga negara mendapat kesempatan belajar sepanjang hayat dengan menyesuaikan kompetensi diri dan keterampilan yang relevan dengan dinamika dan tantangan sosial dan ekonomi ke depan," ujarnya.

"Semoga kita bisa meneropong skill seperti apa yang dibutuhkan Indonesia di 2045 dan bisa kita capai dengan tata kelola yang baik dan struktur organisasi vokasi yang otonom dan fleksibel sehingga bisa cepat mengambil keputusan manakala diperlukan adaptasi yang fleksibel terhadap dinamika di luar," tambahnya.

Baca juga: Pusat Keunggulan Daikin Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK

Sementara Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Kiki Yuliati menambahkan, "SkillsIndonesia 2045” bukan sekadar acara.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)