Resmi, STAI Attaqwa Beralih Status Menjadi Institut Attaqwa KH. Noer Alie

Kamis, 18 Juli 2024 - 14:34 WIB
loading...
Resmi, STAI Attaqwa...
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Attaqwa Bekasi resmi beralih status menjadi Institut Attaqwa KH. Noer Alie. Foto/Istimewa.
A A A
BEKASI - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Attaqwa Bekasi resmi beralih status menjadi Institut Attaqwa KH. Noer Alie. Perubahan status ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Nomor 482 Tahun 2024.

SK tersebut mengesahkan perubahan bentuk menjadi Institut Attaqwa KH. Noer Alie Bekasi. Pimpinan Umum Perguruan Attaqwa, Dr. KH. Irfan Mas’ud, mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada segenap civitas akademika Institut Attaqwa KH. Noer Alie Bekasi atas peralihan dari STAI menjadi Institut Attaqwa.

Baca juga: 13 Universitas dengan Jurusan Kedokteran Gigi Akreditasi Unggul BAN PT, Ini Perkiraan Biayanya

"Selamat atas ditetapkannya STAI menjadi Institut. Apresiasi kepada pimpinan STAIA dari masa ke masa beserta segenap civitas akademika yang telah mencurahkan khidmah dan ikhtiarnya untuk mengembangkan perguruan tinggi yang kita cintai ini,” katanya, melalui siaran pers, Kamis (18/7/2024).

Lebih lanjut ia berharap Institut Attaqwa KH Noer Alie terus berkembang mengemban fungsi mencerdaskan kehidupan bangsa berbasis pada nilai-nilai keislaman dan keattaqwaan. Nilai-nilai Islam yang diyakini lembaga Attaqwa telah otomatis menjadi nilai dasar bagi kampus Institut Attaqwa.

“Nilai-nilai Islam tersebut ialah Islam yang kembali pada Al-Qur'an dan al-Sunah, mengedepankan pemahaman wasathiyyah atau moderat, dan menghargai setiap poin-poin maqashid asy-syari'ah,” tambahnya.

Baca juga: Dibuka Juli-Agustus 2024, Ini Persyaratan yang Harus Dipenuhi Agar Lolos Seleksi Administrasi CPNS

Ini artinya, lanjut dia, Institut Attaqwa dan semua lembaga pendidikan di lingkungan Perguruan Attaqwa akan tetap berpijak pada nilai-nilai Islam untuk menjadi solusi bagi kehidupan. Selain itu, nilai Islam yang diyakini Attaqwa ialah Islam yang dapat membawa pada kemajuan peradaban.

"Kita berharap Institut Attaqwa bisa menjadi kampus yang memiliki reputasi dan membanggakan bagi Attaqwa, sebagai kawah candradimuka yang melahirkan generasi terpelajar, yang bukan saja cerdas dan jenius, tapi juga beriman dan berakhlak, serta berperan aktif dalam menciptakan kemaslahatan di tengah-tengah masyarakat,” tambahnya.

Ke depan, mudah-mudahan Institut Attaqwa dapat bertransformasi menjadi universitas yang menjadi pilar strategis Attaqwa untuk membangun keunggulan hidup dalam berbagai bidang, khususnya pengembangan sumber daya insani.

Sedangkan Ketua STAI Attaqwa Bekasi, Saiful Bahri Maih menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas pencapaian ini. “Ini adalah tonggak sejarah bagi kami. Transformasi menjadi Institut Attaqwa KH. Noer Alie akan membuka peluang baru bagi pengembangan kurikulum, riset, dan kolaborasi akademik yang lebih luas,” ujarnya.

Bersamaan dengan kabar baik ini, Kementerian Agama Republik Indonesia juga mengeluarkan Surat Keputusan Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Agama Islam untuk Program Magister Pendidikan Agama Islam.

Tertulis dalam KMA Nomor 590 Tahun 2024, Institut Attaqwa KH. Noer Alie Bekasi resmi mendapatkan izin untuk membuka program studi baru untuk PAI jenjang Magister.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)