Garuda Hacks 5.0 Tarik Minat Generasi Muda Jadi Talenta Digital

Minggu, 21 Juli 2024 - 19:08 WIB
loading...
Garuda Hacks 5.0 Tarik...
Hackathon Garuda Hacks 5.0 menjangkau 550 peserta dari 216 sekolah dan perusahaan berbeda. Foto/Garuda Hacks.
A A A
JAKARTA - Kompetisi Garuda Hacks menyasar generasi muda yang senang dengan ilmu komputer untuk berkompetisi. Tujuannya agar lebih banyak menghasilkan talenta digital dari Tanah Air.

Co-Founder dan Co-Managing Director Garuda Hacks, Rafael Brian Sumali mengatakan, di Indonesia tidak banyak kompetisi hackathon bidang coding dan inovasi yang menantang pesertanya selama 36 jam non stop untuk membuat aplikasi.

Brian menyebut bahwa kekuatan dan orisinalitas ide berbicara banyak terhadap perkembangan pembuatan aplikasi saat ini.

“Ide menjadi salah satu kekuatan utama dalam pembuatan aplikasi di tengah pertumbuhan teknologi digital,” kata Brian, dalam siaran pers, dikutip Minggu (21/7/2024).

Fenomena itu pula yang menjadi pemantik pihaknya dalam menyelenggarakan kompetisi pemrograman aplikasi bernama Garuda Hacks 5.0. Di tahun ini, Universitas Multimedia Nusantara menjadi tuan rumah penyelenggaraan pada Juli 2024.

Pada penyelenggaraan di tahun kelima, Hackathon Garuda Hacks 5.0 menjangkau 550 peserta dari 216 sekolah dan perusahaan berbeda. Di antara 550 peserta, terdapat 155 siswa SMA.

Kompetisi ini, sambung Brian, bisa menjadi sebuah inkubasi dari berbagai ide dan inovasi yang digagas lewat aplikasi. Apalagi, Brian pun menyebut di penyelenggaraan tahun kelima ini makin banyak dan variatif ide-ide pengembangan aplikasi yang ditawarkan.

“Di Indonesia pun kini makin banyak pembuatan aplikasi yang tujuannya membantu banyak orang. Harapannya, ini menjadi wadah pengembangan ide dari aplikasi dengan manfaat tersebut,” tutur dia.

Namun bicara lebih luas, Brian pun tak menampik bahwa Indonesia masih membutuhkan ekosistem teknologi digital yang lebih baik, jika sektor pengembangan aplikasi ingin di dorong ke level yang lebih jauh dari hari ini.

“Misalnya saja, kecepatan internet kita belum merata. Kadang memang idenya sudah ada dan banyak, tapi terkendala ekosistem yang belum mendukung itu,” papar dia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)