10 PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics Juli 2024, Pilih Kampus Swasta Jadi Mudah

Kamis, 01 Agustus 2024 - 15:30 WIB
loading...
A A A
10. Universitas Gunadarma, Depok



Bagaimana Cara Pemeringkatan Webometrics?


Metodologi Pemeringkatan


Berikut ini beberapa indikator yang digunakan dalam pemeringkatan Webometrics terbaru edisi Juli 2024, dikutip dari situs resmi:

1. Visibilitas

Visibilitas berarti dampak dari konten dalam situs kampus. Metodologi yang digunakan adalah memperhitungkan dampak jumlah jaringan eksternal (subnet) yang terhubung ke halaman web institusi (nilai rata-rata yang dinormalisasi dipilih). Bobot indikator ini 50%.

2. Transparansi

Transparansi memperhitungkan peneliti-peneliti yang paling disitasi. Indikator ini memperhitungkan jumlah kutipan dari 310 penulis teratas (tidak termasuk 20 penulis outlier). Sumber indikator ini adalah Google Scholar Profiles dan bobotnya 10%.

3. Keunggulan

Keunggulan berarti publikasi ilmiah yang paling banyak disitasi. Indikator ini memperhitungkan jumlah publikasi ilmiah yang termasuk dalam 10% teratas yang paling banyak dikutip di masing-masing 27 disiplin ilmu dalam basis data lengkap.
Data untuk indikator ini diambil dari periode 2019-2023. Sumber pengukurannya menggunakan Scimago dan berbobot 40%.

Ranking Webometrics menggunakan indikator webometrik dan bibliometrik. Tujuan pemeringkatan ini bukanlah untuk mengevaluasi situs web, desain, kegunaannya, atau popularitas kontennya menurut jumlah kunjungan atau pengunjung.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)