Gandeng SMKN 2 Depok Yogyakarta, MITG Ingin Wujudkan SDM Mumpuni di Dunia Kerja

Selasa, 27 Agustus 2024 - 20:59 WIB
loading...
A A A
Sementara 82% lainnya tersebar di berbagai bidang seperti Sales & Marketing, HRD, Purchasing, Project Management, dan Accounting & Keuangan. Hal ini menunjukkan kemampuan adaptasi yang luar biasa dari para lulusan STEMBAYO di berbagai posisi dalam perusahaan.

Aloys Sutarto mengungkapkan kepuasannya terhadap kualitas lulusan STEMBAYO, yang ia anggap sebagai salah satu SMK unggulan di Indonesia dengan program pendidikan empat tahun. Selama 20 tahun, MITG terus menjalin kerja sama dengan SMKN 2 Depok Yogyakarta melalui program PKL (Praktik Kerja Lapangan) bagi siswa tahun terakhir, sebagai salah satu bentuk komitmen pengembangan SDM.

Kepala Sekolah SMKN 2 Depok Yogyakarta, Dodot Yuliantoro, menyambut positif kelanjutan kerja sama ini. Ia menekankan pentingnya program PKL sebagai jembatan bagi siswa untuk memasuki dunia kerja. Kedua belah pihak sepakat bahwa kerja sama ini perlu disesuaikan dengan perkembangan kebutuhan bisnis di industri, termasuk dalam menghadapi tantangan perubahan generasi yang terus berkembang.

“Harapan kami rekan-rekan di MITG terus memberikan masukan, mengenalkan budaya kerja industri MITG kepada guru pengajar dan siswa kami. Ke depannya guru kami dapat training langsung di industri, dan sebaliknya ada instruktur dari MITG sebagai ‘guru tamu’ di sekolah kami,” ucap Dodot

SementaraBagus Puguh, salah satu Direktur MITG menambahkan,pihaknya selalu melakukan evaluasi kebutuhan industri terkait kompetensi, motivasi, dan perilaku siswa sebelum memasuki dunia kerja. Ia berharap MITG dapat terus memberikan masukan dan mengenalkan budaya kerja industri kepada guru dan siswa SMKN 2.

“Kemampuan berbahasa Inggris perlu lebih ditekankan lagi dari pihak sekolah, bahasa Inggris sangat penting untuk komunikasi bisnis internasional dan kita memiliki 50 lebih partner di luar negeri terutama di Eropa dan Amerika, dan 50% lebih dari alumni di sini sudah pernah dikirim ke luar negeri untuk dinas terkait pameran, training ataupun kunjungan pabrik,” kata Bagus

Tantangan ke depan, era otomatisasi digital serta transformasi bisnis di era digital akan lebih banyak membutuhkan tenaga kerja yang lebih kreatif, banyak punya imajinasi, unggul pada soft-skill yang dimilikinya, sehingga siswa lulusan SMKN 2 Depok Yogyakarta lebih siap bekerja dan sesuai dengan kebutuhan industri, khususnya di MultiIntegra Technology Group.
(wyn)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)