Profil Pendidikan 3 Srikandi di Pilgub Jatim 2024, Khofifah, Risma, dan Luluk Nur Hamidah

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 12:10 WIB
loading...
A A A
Khofifah kecil bersekolah di SD Taquma dan melanjutkan pendidikan ke SMP Khadijah di Surabaya. Ia kemudian melanjutkan sekolahnya ke SMA Negeri 9 Surabaya.

Mantan Ketua Umum Muslimat NU empat periode itu lalu melanjutkan kuliah masih di Kota Pahlawan, yaitu Universitas Airlangga (Unair) untuk menekuni ilmu politik di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Mantan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) itu kemudian juga berkuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah di Surabaya pada tahun 1984-1989.

Peraih tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha 2024 itu juga mengambil kuliah S2 di FISIP Universitas Indonesia (UI). Khofifah pada 2023 juga meraih gelar honoris causa dari Unair di bidang ilmu ekonomi.

2. Tri Rismaharini


Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) adalah pasangan cagub- cawagub di Pilkada Jatim 2024 yang diusung oleh PDI Perjuangan. Risma adalah kader PDIP sementara Gus Hans merupakan kader Golkar.

Risma lahir di Kediri, 20 November 1961 yang saat ini menjabat sebagai Mensos. Sebelumnya ia dikenal sebagai Wali Kota Surabaya yang dikenal dengan gaya kepemimpinannnya selalu mendapat perhatian publik.

Baca juga: Adu Pendidikan Anies Baswedan dan Ridwan Kamil di Tengah Panasnya Pilkada Jakarta 2024

Peraih Bintang Mahaputera Utama bersekolah di SD Negeri Kediri. Dari Kediri, ia lalu lanjut ke SMPN X Surabaya. Lulus SMP Risma lalu melanjutkan sekolahnya d SMAN V Surabaya.

Risma meraih gelar sarjananya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dari jurusan Arsitektur. Pada 2002, ia studi S2 Manajemen Pembangunan Kota di kampus yang sama.

Tak kalah dengan Khofifah, Risma juga meraih gelar doktor honoris causa dari ITS untuk bodang Manajemen Pembangunan Kota pada jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) 2015 lalu.

3. Luluk Nur Hamidah


Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Hakim adalah pasangan yang diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Keduanya diantar oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar daftar ke KPU Jatim pada Kamis malam (29/8/2024).

Luluk merupakan politikus kelahiran Jombang pada 25 Juni 1971. Ia menamatkan pendidikan dasar dan menengahnya di MI Darul Ma'arif, MTSN Darul Ulum, dan MAN Darul Ulum.

Ketua DPP PKB ini adalah lulusan S1 Pendidikan Agama IAIN Sunan Ampel Malang dan S2 Ilmu Sosiologi FISIP Universitas Indonesia. Luluk juga lulusan S2 Publik Administrasi Lee Kuan Yew School of Public Policy Singapura (LKYSPP).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)