10 Jurusan yang Tidak Boleh Buta Warna, Prodi DKV Masuk?

Minggu, 15 September 2024 - 13:46 WIB
loading...
10 Jurusan yang Tidak...
Ini daftar 10 jurusan kuliah yang melarang mahasiswanya buta warna. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Ini daftar 10 jurusan kuliah yang melarang mahasiswanya buta warna . Ketentuan ini diberlakukan karena adanya kekhawatiran terkait dengan proses belajar dari para calon mahasiswa yang memiliki permasalahan penglihatan seperti buta warna baik total maupun parsial.

Seperti diketahui, mengutip Alodokter, buta warna adalah kondisi mata yang tidak mampu mata melihat warna secara normal. Penderita penyakit ini sulit membedakan warna tertentu (buta warna parsial) atau bahkan seluruh warna (buta warna total).

Baca juga: 6 Jurusan dengan Peluang Kerja Menjanjikan di 2024, Komunikasi dan Digital Marketing Salah Satunya

Maka dari itu, selain ketentuan agar tidak adanya kekhawatiran dalam proses belajar kepada calon mahasiswa.

Di kala menjalani suatu profesi tertentu, ada beberapa pekerjaan yang tidak boleh buta warna. Dokter, pilot, tentara, dan polisi adalah contoh beberapa pekerjaan yang tidak boleh buta warna.

Baca juga: 20 Jurusan S-1 Pendidikan Terbaik Versi Indonesian Education Institutional Subject Ranking AD Scientific Index 2025

Berikut simak apa saja jurusan kuliah yang tidak boleh buta warna secara parsial maupun total.

10 Jurusan yang Tidak Boleh Buta Warna

1. Desain Komunikasi Visual


Alasan jurusan DKV tidak diperbolehkan buta warna dikarenakan, mahasiswa akan mempelajari mengenai pengaplikasian seni dan desain dalam mengkomunikasikan pesan – pesan secara visual.

Baca juga: 10 Prospek Menjanjikan Lulusan Pendidikan Fisika, Ternyata Bukan Hanya Menjadi Pengajar

Mahasiswa akan memahami bagaimana penerapan seni dan desain dalam menciptakan solusi bagi permasalahan yang ada di masyarakat sehingga mereka mampu merancang komunikasi melalui visual di berbagai macam media untuk menciptakan perubahan untuk dunia.

2. Kedokteran


Jurusan kedokteran harus dapat menggunakan kemampuan visualnya dalam membantu mendiagnosis penyakit. Misalnya, reaksi benedik dan lugol untuk mendeteksi gula dalam cairan membutuhkan kemampuan untuk mendeteksi perubahan warna. Dokter juga harus dapat mengenali warna pada luka untuk membedakan keparahan-keparahan luka.

3. Psikolog


Ternyata jurusan psikolog juga demikian. Bebas buta warna menjadi perhatian calon mahasiswa Psikologi karena akan belajar wacana tes psikologi yang memakai unsur rona. Jika seorang mahasiswa buta rona maka tidak bisa mengidentifikasi rona sesungguhnya dan dapat menyampaikan interpretasi yang tidak tepat.

4. Teknik Industri


Bagi setiap calon mahasiswa, rupanya jurusan teknik tidak diperbolehkan buta warna. Dikarenakan, ada beberapa jenis karier di bidang teknik seperti teknik kimia, listrik, dan mekanik yang membutuhkan penglihatan warna.

Penglihatan warna yang buruk merupakan masalah keselamatan dalam industri teknik, sehingga tes CVD diperlukan agar Anda berhasil memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut.

5. Teknik Penerbangan


Jurusan Teknik Penerbangan nantinya berkaitan dengan profesi pilot yang memang wajib memiliki mata yang normal tanpa buta warna agar pilot dapat mengidentifikasi lampu dengan warna yang berbeda.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3614 seconds (0.1#10.140)