Catat Tanggal ANBK SD 2024, Jadi Penentu Kelulusan Siswa?

Senin, 23 September 2024 - 09:45 WIB
loading...
Catat Tanggal ANBK SD...
Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) akan kembali digelar di jenjang SD pada September ini. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ) akan kembali digelar di jenjang Sekolah Dasar (SD) pada September 2024 ini. Namun akankah ANBK akan berpengaruh pada kelulusan siswa?

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah salah satu program penilaian yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengukur mutu pendidikan di Indonesia.

Baca juga: Catat Tanggalnya, Ini Jadwal Asesmen Nasional (ANBK) SD, SMP, SMA 2024

Tujuan ANBK bukan hanya menilai prestasi akademik siswa, tetapi juga untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai kualitas pembelajaran dan efektivitas sistem pendidikan di sekolah. Untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), ANBK dilaksanakan bagi siswa kelas V.

Dikutip dari berbagai sumber, untuk sukses dalam mengikuti ANBK, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh siswa. Berikut ini rekomendasinya.

Baca juga: Nestapa Siswa SMP di Sarolangun, Harus Ujian ANBK di Kebun Karet Gegara Tak Ada Jaringan Internet

5 Tips Persiapan ANBK SD 2024

1. Pemahaman Dasar AKM


Siswa perlu membekali diri dengan kemampuan dasar literasi dan numerasi. Latihan membaca teks dengan pemahaman serta kemampuan matematika dasar (seperti perkalian, pembagian, dan pemecahan masalah sederhana) sangat diperlukan.

2. Latihan Soal Berbasis Komputer


Karena ANBK dilakukan berbasis komputer, siswa perlu familiar dengan perangkat komputer dan cara mengoperasikannya. Latihan mengerjakan soal-soal melalui perangkat komputer atau tablet bisa membantu mereka beradaptasi dengan ujian berbasis teknologi ini.

3. Kesiapan Mental


Selain kemampuan akademis, kesiapan mental juga penting. Siswa diharapkan tidak merasa cemas atau terbebani. Guru dan orang tua bisa memberikan motivasi dan dukungan agar siswa merasa nyaman dan percaya diri saat menghadapi ANBK.

4. Penguasaan Materi yang Terintegrasi


Materi yang diujikan tidak hanya berdasarkan pelajaran sehari-hari, tetapi juga menguji kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah. Siswa perlu dilatih untuk memahami konsep dan menghubungkan berbagai informasi yang mereka peroleh di sekolah.

5. Kondisi Fisik yang Prima


Agar dapat mengikuti ujian dengan baik, kesehatan fisik juga harus diperhatikan. Siswa disarankan untuk menjaga pola makan dan tidur yang cukup sebelum pelaksanaan ANBK.

Apakah ANBK menentukan kelulusan siswa?


Masih banyak orang tua yang bertanya apakah jika anaknya mengikuti ANBK akankah berpengaruh ke kelulusannya? Dikutip dari laman Pusmendik Kemendikbudristek, jawabannya adalah tidak.

Baca juga: Mengenal Survei Lingkungan Belajar yang Jadi Salah Satu Instrumen ANBK

ANBK memang tidak diikuti oleh semua siswa melainkan hanya sebagian. Untuk jenjang SD hanya berlaku di kelas 5 dan bukan siswa kelas akhir sehingga tidak menentukan kelulusan.

Hasil ANBK tidak juga tidak akan memuat skor atau nilai siswa secara individual. Penilaian kelulusan siswa menjadi kewenangan guru dan sekolahnya masing-masing.

Jadwal ANBK SD 2024


1. Sinkronisasi Simulasi AN SD sederajat: 20-22 September 2024
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)