9 Menteri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran Bergelar Profesor, Siapa Saja?

Senin, 21 Oktober 2024 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Setelahnya, Yusril melanjutkan pendidikan pada program pascasarjana humaniora dan ilmu sosial di Universitas Punjab Pakistan. Ia juga masuk Universitas Sains Malaysia dan meraih gelar pada program pascasarjana yaitu Master of Science (M.Sc.) beserta gelar Doctor of Philosophy (Ph.D.) dalam bidang ilmu politik di Institut Pendidikan Doktoral pada 1993.

Sekitar tahun 1998, Yusril dikukuhkan menjadi Guru Besar (Profesor) Hukum Tata Negara Universitas Indonesia.

3. Tito Karnavian - Mendagri


Berikutnya ada Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Tito Karnavian, M.A., Ph.D. Saat masih aktif di kepolisian, ia pernah menjadi Kapolri periode 2016-2019.

Pensiun dari Korps Bhayangkara, Tito mendapat mandat dari Presiden ke-7 RI, Joko Widodo, untuk mengisi jabatan Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Posisi ini didudukinya sejak Oktober 2019 sampai Oktober 2024.

Setelah peralihan kekuasaan menuju pemerintahan Prabowo-Gibran, Tito kembali dipercaya menjadi Mendagri. Ia menjadi salah satu menteri bergelar profesor dalam Kabinet Merah Putih.

Melihat ke belakang, Tito sendiri telah menjadi Guru Besar Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK)/Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada 2017. Pengukuhannya sesuai dengan surat keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir, bernomor No.98876/A2.3.KP/2017 tanggal 19 Oktober 2017.

4. Nasaruddin Umar - Menteri Agama


Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar ditunjuk menjadi Menteri Agama di Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo-Gibran. Melihat ke belakang, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Agama RI pada 2011-2014.

Pada riwayatnya, Nasaruddin Umar dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Tafsir di Fakultas Ushuluddin Syarif Hidayatullah tahun 2002 lalu. Sebelum ditunjuk jadi menteri, ia dikenal luas sebagai Imam Besar Masjid Istiqlal sejak 2016.

5. Yassierli - Menteri Ketenagakerjaan


Prof. Yassierli, S.T., M.T., Ph.D. merupakan akademisi sekaligus Guru Besar di Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada Kabinet Merah Putih, ia ditunjuk Prabowo menjadi Menteri Ketenagakerjaan.

Mengutip laman resmi ITB, Prof Yassierli memiliki latar belakang pendidikan sarjana Teknik Industri di ITB pada 1993-1997. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan magister atau S-2 program studi Teknik dan Manajemen Industri di ITB pada 1998-2000.

Selain itu, Yassierli juga menempuh studi jenjang S-3 di Virginia Tech, Amerika Serikat. Ia berhasil meraih gelar Doctor of Philosophy atau Ph.D. Industrial and Systems Engineering tahun 2005.

6. Abdul Mu'ti - Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah


Berikutnya ada nama Prof. Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed yang sebelumnya dikenal sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Ia dipercaya Prabowo untuk menjadi Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pada catatan pendidikannya, Abdul Mu'ti meraih gelar doktor di UIN Syarif Hidayatullah (UIN Jakarta) pada 2008. Selain itu, ia juga meraih gelar Guru Besar Bidang Pendidikan Agama Islam di UIN Jakarta pada 2020.

7. Satryo Soemantri Brodjonegoro - Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi


Lanjut, ada nama Prof. Dr. Ir. Satryo Soemantri Brodjonegoro. Ia ditugaskan menjadi Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi di Kabinet Merah Putih.

Sebelum penunjukannya itu, Satryo dikenal sebagai ilmuwan sekaligus Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia. Ia punya riwayat gelar Ph.D bidang teknik mesin di University of California, Berkeley, AS tahun 1985.

8. Rachmat Pambudi - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas


Presiden Prabowo Subianto menunjuk Prof. Dr. Ir. Rachmat Pambudy, M.S. sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Ia akan mengisi posisi yang sebelumnya ditempati oleh Suharso Monoarfa.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)