5 Contoh Teks Pidato Hari Santri Nasional, Bisa Jadi Referensi untuk Ikut Lomba

Selasa, 22 Oktober 2024 - 19:24 WIB
loading...
5 Contoh Teks Pidato...
5 contoh teks pidato Hari Santri Nasional untuk lomba pada acara peringatan rutin yang dihelat setiap 22 Oktober. Foto/Kemenag.
A A A
JAKARTA - Ini beberapa contoh teks pidato Hari Santri Nasional . Anda bisa menjadikannya referensi ketika ingin membuat teks pidato untuk lomba pada acara peringatan rutin yang dihelat setiap 22 Oktober itu.

Pada peringatan Hari Santri Nasional, tak jarang sekolah-sekolah atau lembaga/instansi terkait memeriahkannya dengan rangkaian acara yang menarik. Misalnya seperti lomba pidato.

Baca juga: 15 Contoh Teks Anekdot Beserta Struktur dan Artinya, Kritik dengan Balutan Humor

Nah, bagi Anda yang masih bingung menentukan teks pidato untuk lomba acara peringatan Hari Santri Nasional bisa melihat sejumlah referensinya. Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (22/10/2024), berikut ini beberapa contohnya.

Contoh Teks Pidato Hari Santri Nasional

1. Contoh Pertama


Assalamualaikum wr wb

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT atas karunianya memberikan kita kesempatan untuk berkumpul memperingati Hari Santri Nasional 2024. Perlu diketahui, momen semacam ini bukan sekadar mengenang sejarah, tetapi juga menjadi titik refleksi kita semua untuk melihat peran santri dalam membangun masa depan yang lebih baik.

Baca juga: 12 Contoh Teks Broadcast Menarik untuk Grup WhatsApp Berbagai Tema

Santri menjadi salah satu pilar penting dalam menjaga moral bangsa dan menciptakan perubahan yang positif. Bersama tantangan di era modern sekarang, santri tidak hanya memahami ilmu agama tetapi bisa juga belajar ilmu pengetahuan lain dan teknologi. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Quran:

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Artinya: "Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat."

Melalui potongan ayat ke 11 surat Al-Mujadilah itu, bisa dipahami bahwa ilmu adalah kunci kemajuan. Santri tetap harus belajar, mengembangkan potensi hingga ikut mengambil peran aktif dalam kemajuan bangsa. Harapannya, ke depan kita bisa terus melihat para santri yang mampu bersaing secara global tanpa meninggalkan nilai-nilai luhur agama Islam.

Maka dari itu, marilah kita sebagai santriwan-santriwati menyongsong masa depan dengan optimisme dan kerja keras. Kita harus siap menjadi pemimpin yang membawa perubahan baik bagi Indonesia.
Pada momen Hari Santri Nasional 2024 ini, semoga bisa menjadi pengingat bahwa santri juga ikut berjuang bagi bangsa Indonesia. Maka, kita sebagai santri di era ini wajib terus menyambung perjuangan para pendahulu dan bersama-sama membangun bangsa yang lebih baik.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

2. Contoh Kedua


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak, ibu, dan teman-teman sekalian yang saya hormati,

Tak lupa juga para santri di seluruh Indonesia yang berbahagia,

Pada 22 Oktober ini, kita memperingati Hari Santri Nasional. Di era teknologi dan digital saat ini, peran santri tak lantas menyurut. Masih sama, kita juga layak untuk terus berkembang agar bisa menghadapi perubahan zaman berteknologi.

Baca juga: Mengenal Teks Diskusi, 10 Contoh Berbagai Tema dengan Struktur Penulisannya

Santri di masa sekarang bisa ikut memanfaatkan teknologi sebagai sarana dakwah dan pemberdayaan umat. Dengan begitu, santri dapat menyebarkan kebaikan sekaligus melawan informasi pemecah belah umat.

Marilah kita buktikan bahwa santri tetaplah mampu menjadi pembaharu. Selaras dengan tema Hari Santri 2024, yakni "Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan", kita sebagai santri bisa ikut produktif di dunia digital, kreatif dalam berkarya, tanpa meninggalkan nilai-nilai agama.

Semoga kita semua yang berkumpul di sini mampu menjadi generasi santri yang mencintai ilmu dan berkontribusi bagi bangsa. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3. Contoh Ketiga


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Pertama-tama, mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan dan kesempatan untuk berkumpul di peringatan Hari Santri Nasional.

Tak lupa juga, shalawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi besar dan Rasul penutup zaman, Muhammad shallallahu alaihi wasallam, keluarga, sahabat, dan umatnya hingga akhir zaman. Aamiin ya rabbal ‘alamin.

Di momen istimewa ini, kita mengenang perjuangan para santri yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam membangun bangsa. Tak lupa, kita sampaikan harapan pada santri di generasi sekarang agar mereka dapat terus meneladani dan melanjutkan perjuangan para pendahulunya.

Semoga kita sebagai santri dapat selalu berpegang teguh pada ajaran agama Islam, menjaga nilai-nilai kebaikan, dan berkontribusi dalam membangun bangsa yang lebih baik. Semoga Allah meridhai setiap langkah kita.

Wassalamualaikum

4. Contoh Keempat


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi semuanya! Semoga semangat perjuangan para santri yang telah rela berkorban menyumbangkan jiwa dan raganya untuk negara bisa menginspirasi hadirin sekalian.

Pada 22 Oktober 2024, kita merayakan lagi Hari Santri. Di sini, kita mengingat sekaligus meneladani perjuangan dan semangat yang terus membara dari para santri yang ikut membela bangsa Indonesia.

Semangat mereka yang tidak pernah padam menjadi bukti perjuangan yang tak terbantahkan. Maka dari itu, kita tentunya berharap agar santri di era sekarang juga ikut semangat menyala di tengah segala tantangan zaman.

Tahun ini, temanya "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan". Pesannya sangat jelas, yakni perjuangan belum selesai. Segala kontribusi yang diberikan para santri dahulu, kini wajib diteruskan oleh generasi kita.

Bukan dengan senjata seperti bambu runcing, tetapi ilmu, teknologi, dan iman. Bukan dengan kekuatan fisik semata, tapi dengan pengetahuan, etika, dan cinta kepada bangsa.

Harapannya, mari bersama-sama kita sambung juang, kita bawa Indonesia ke tempat yang lebih tinggi dan lebih mulia. Selamat Hari Santri!

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

5. Contoh Kelima


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hadirin yang saya hormati, puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberi kita kesempatan untuk memperingati Hari Santri Nasional.

Hari ini adalah hari yang istimewa karena kita kembali mengenang kontribusi besar para santri dalam perjuangan bangsa. Jasa-jasa mereka di masa lampau tidak boleh lantas dilupakan begitu saja.

Santri bukan hanya pelajar agama, tetapi juga agen perubahan yang berperan dalam pembangunan bangsa. Sejarah mencatat bahwa santri telah terlibat dalam berbagai perjuangan untuk kemerdekaan bangsa ini.
Jadi, mereka tidak hanya menimba ilmu di pesantren, tetapi juga ikut berjuang di medan perang melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan.

Setelah merdeka, peran santri dalam pembangunan moral bangsa juga tidak dapat diabaikan. Sampai sekarang, pesantren masih menjadi pusat pendidikan yang melahirkan generasi-generasi berakhlak mulia dan berintegritas.

Sedikit bedanya, santri juga sudah harus melek ilmu pengetahuan terbaru dan teknologi. Terlebih dengan berkembangnya dunia digital, mereka juga wajib beradaptasi dan memanfaatkan teknologi untuk menyebarkan kebaikan.

Semoga semangat Hari Santri Nasional ini terus menginspirasi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik, bermanfaat bagi sesama, dan selalu mengabdi kepada bangsa, agama, dan negara. Semoga Allah SWT selalu meridhoi langkah-langkah kita dalam menuntut ilmu dan mengabdi kepada-Nya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikianlah ulasan mengenai contoh teks pidato Hari Santri Nasional . Semoga bermanfaat.
(nnz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)