Transformasi Pendidikan melalui Kampus Merdeka Bisa Membuat Indonesia Jaya

Selasa, 22 September 2020 - 15:33 WIB
loading...
Transformasi Pendidikan melalui Kampus Merdeka Bisa Membuat Indonesia Jaya
Universitas Padjadjaran (Unpad). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Akademisi memiliki peran penting dalam mendorong akselerasi perekonomian Indonesia pada saat dan setelah pandemi COVID-19. Akselerasi perekonomian juga diharapkan dapat terwujud dengan adanya tranformasi pendidikan melalui Kampus Merdeka.

“Saya sangat yakin Kampus Merdeka bisa membuat Indonesia jaya. Kampus Merdeka bisa membuat kita semuanya melakukan transformasi pendidikan tinggi untuk mendorong transformasi ekonomi saat COVID ataupun pasca-COVID,” ujar Sekretaris Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Paristiyanti Nurwardani seperti dikutip dari laman resmi Unpad, Selasa (22/9/2020).

Kuliah Perdana Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Unpad Tahun Akademik 2020/2021, bertema “Kampus Merdeka untuk Mendukung Semangat Bahari” digelar secara daring dan kuliah diikuti oleh mahasiswa FPIK Unpad. (Baca juga: IPB University Luncurkan Sistem Monitoring Lahan Digital )

Pada kesempatan tersebut, Paristiyanti juga mendorong akademisi di bidang perikanan dan kelautan Unpad menjadi motor dalam akselerasi transformasi ekonomi Indonesia. Untuk itu, hasil tridarma perguruan tinggi perlu dioptimalkan.

“Ayo semuanya turun ke lapangan. Semuanya melakukan kegiatan-kegiatan. Singsingkan lengan baju. Gotong royong. Keluarkan semua ilmu untuk melakukan transformasi pendidikan tinggi untuk akselerasi ekonomi kita,” ujarnya.

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia seharusnya dapat berdaulat di laut. Menurut Paristiyanti, Indonesia tidak cukup mengandalkan kekayaan dan keindahan alam, jika sumber daya manusianya belum bisa mengoptimalkan.

“Kalau SDM kita tidak siap untuk memanfaatkannya kita juga tetap akan’dijajah’ oleh orang lain. Jadi, mari kita berdaulat di laut demi masa depan Indonesia,” ujarnya. (Baca juga: Rektor Unhan Dorong Penguasaan Teknologi Roket bagi Indonesia )

Paristiyanti pun mendorong mahasiswa FPIK Unpad agar tidak ketinggalan menghadapi persaingan di era digital. Kurikulum FPIK Unpad diharapkan dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. “Melakukan reorientasi kurikulum agar selalu update dengan teknologi di dunia kerja dan dunia usaha,” ujarnya.

Acara kuliah perdana tersebut dibuka oleh Dekan FPIK Unpad Dr. Sc. Agr. Yudi Nurul Ihsan. Dalam sambutannya Dr. Yudi mengatakan bahwa kegiatan tersebut rutin digelar oleh FPIK Unpad.

“Kami memang setiap semester, terutama awal tahun ajaran baru selalu menyelenggarkan kuliah perdana untuk memberikan motivasi, semangat, baik untuk mahasiswa maupun seluruh sivitas akademika FPIK Unpad,” ungkapnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)