Komisi X DPR Ingatkan tentang Pentingnya Peta Jalan Pendidikan Nasional

Rabu, 18 November 2020 - 18:07 WIB
loading...
A A A
Huda menerangkan pentingnya peta jalan pendidikan ini karena untuk menyentuh isu terkait dengan kesejahteraan dan sumber daya pendidik. Baik itu guru dan dosen yang masih butuh afirmasi dari pihak pemerintah. Selanjutnya juga terkait inkonsistensi kurikulum yang masih juga mewarnai dunia pendidikan kita.

"Yang kelima tentu kami masih mengidentifikasi masih lemahnya pengelolaan anggaran penididikan kita," ujarnya.

Huda juga menyampaikan bahwa Presiden Jokowi dalam Ratas Juni lalu mengingatkan bahwa peta jalan pendidikan nasional harus mengantisipasi perubahan-perubahan besar yang terjadi di seluruh belahan dunia. Mulai dari disrupsi teknologi dan berdampak kepada sektor penerapan otomatisasi, artifisial intelijen, big data internet of thing dan lain sebagainya.

Termasuk juga Presiden mengingatkan bahwa kebijakan pendidikan di dalam peta jalan pendidikan harus mengantisipasi perubahan demografis, profil sosial ekonomi dari populasi yang termasuk didalamnya perubahan dalam pasar tenaga kerja yang lebih fleksibel. Selain itu juga terkait perubahan lingkungan hingga perubahan struktural yang sangat cepat akibat Pandemi Covid-19.

"Di dalamnya terkait dengan pembelajaran jarak jauh, percepatan digitalisasi maupun terkait dengan semakin melemahnya ekonomi kita yang dirasakan oleh masyarakat,"pungkasnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)