British Council Luncurkan Beasiswa Pascasarjana GREAT Scholarships

Rabu, 18 November 2020 - 20:23 WIB
loading...
British Council Luncurkan Beasiswa Pascasarjana GREAT Scholarships
British Council kembali membuka beasiswa GREAT Scholarships untuk para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi pada tingkat pascasarjana di Inggris. Foto/ist
A A A
JAKARTA - British Council kembali membuka beasiswa GREAT Scholarships untuk para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi pada tingkat pascasarjana di Inggris.

Country Director British Council Indonesia Hugh Moffatt mengaku bangga dapat meluncurkan kembali skema GREAT Scholarships untuk para pelajar Indonesia melalui kerja sama dengan GREAT Britain Campaign.

Dia mengatakan, Inggris menarik lebih dari 3.000 pelajar Indonesia setiap tahun dan memahami serta menghargai keberagaman dan kontribusi akademis yang dibawa oleh para pelajar Indonesia. (Baca juga: Gandeng Kemendikbud, Hongaria Buka Program Beasiswa S1,S2 dan S3 )

"GREAT Scholarships mendukung pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi mereka di beberapa institusi – institusi terkemuka di Inggris, untuk mengubah masa depan dan karir mereka,” katanya melalui siaran pers, Rabu (18/11).

The GREAT Scholarships 2021-Indonesia menawarkan beasiswa bagi pelajar–pelajar Indonesia yang memenuhi kriteria dan berencana untuk mengambil studi pascasarjana di Inggris. Sarjana-sarjana yang berhasil akan menerima minimal £ 10.000 dari biaya pendanaan sekolah mereka. (Baca juga: Wejang 852 Wisudawan Uhamka, Haedar: Dimanapun Berpijak Jaga Integritas dan Kejujuran )

Pada tahun ini, terdapat 12 universitas Inggris bekerja sama dengan British Council untuk menawarkan kesempatan beasiswa melalui skema GREAT Scholarships 2021–Indonesia. Universitas – universitas ini antara lain adalah University of Greenwich, University of York, University of Ulster, University of Teesside, University of Stirling, Sheffield Hallam University, Royal Agricultural University, Royal Academy of Music, University of Reading, Imperial College London, University of Bristol dan University of Cambridge.

Hugh mengatakan, dalam menanggapi situasi saat ini, sektor pendidikan tinggi Inggris telah berupaya dengan sangat maksimal untuk memastikan bahwa kesehatan fisik dan mental para siswa internasional diperhatikan dengan baik dan disaat yang bersamaan, sektor pendidikan di Inggris terus memberikan pendidikan berkualitas tinggi.

"Saya ingin mendorong pelajar–pelajar Indonesia untuk mendaftar GREAT Scholarships dan merasakan kesempatan berharga untuk menempuh studi di salah satu negara paling dinamis dan multikultural di dunia,” lanjut Hugh. (Baca juga: Pegolf Muda Indonesia Raih Beasiswa dan Gabung di Tim Golf Elit Dunia )

Duta Besar Kerajaan Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengatakan, Inggris berkomitmen untuk meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia, salah satunya adalah dengan memperkuat kerja sama di bidang pendidikan. Dimana hal tersebut dapat menyatukan generasi muda.

"Saya senang bahwa skema GREAT Scholarships akan membantu pelajar terbaik Indonesia untuk melanjutkan studi pascasarjana kelas dunia di Inggris. Pendidikan Inggris akan membekali para mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan keunggulan akademik terkini untuk menjadi pemimpin di bidangnya masing-masing dan berkontribusi bagi masa depan Indonesia,” ujar Dubes Owen.

GREAT Scholarships merupakan skema beasiswa yang didanai oleh GREAT Britain Campaign pemerintah Inggris, British Council dan lembaga pendidikan tinggi Inggris yang berpartisipasi. Skema ini ditujukan bagi calon mahasiswa pascasarjana dari sejumlah negara terpilih yang akan mendaftar ke universitas-universitas di Inggris pada akhir pertengahan tahun 2021.

Pendaftar yang berminat dapat mengajukan GREAT Scholarships untuk berbagai program studi, di antaranya termasuk bisnis, seni dan desain, ilmu komputer, hukum, teknik, ilmu lingkungan, sejarah, sastra, dan masih banyak lagi. Pelajar Indonesia yang ingin mengajukan beasiswa diharuskan sudah memperoleh tawaran resmi dari salah satu dari 12 universitas yang berpartisipasi dan harus memenuhi semua persyaratan pendaftaran untuk program studi yang dipilih seperti yang dinyatakan oleh universitas masing-masing.

Batas waktu untuk mengajukan GREAT Scholarships beragam sesuai dengan masing-masing institusi. Untuk detil mengenai batas waktu masing – masing institusi, pelajar dapat mengunjungi halaman resmi institusi.

Membuat keputusan untuk pindah ke negara lain untuk menempuh studi di universitas membawa tantangan tersendiri bagi mahasiswa internasional selama pandemi Covid-19, namun hal ini juga menunjukkan komitmen yang kuat untuk menyambut perubahan dan menemukan cara–cara pembelajaran baru.

Universitas–universitas kelas dunia di Inggris tetap terbuka untuk siswa internasional dan akan terus melakukan proses penerimaan mahasiswa, meskipun proses penerimaan, pendaftaran dan metode pengajaran mungkin akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Wilayah Asia Timur, termasuk Indonesia, tetap merupakan kawasan prioritas untuk Inggris bagi mahasiswa pascasarjana.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)