Ingin Masuk PTN Terbaik, Ini 6 Kunci Sukses yang Wajib Diketahui Para Siswa

Minggu, 29 November 2020 - 10:37 WIB
loading...
A A A
Jamal menerangkan, siswa yang ingin lolos PTN juga harus jeli mengenali kemampuan diri dan membandingkannya dengan program studi dan perguruan tinggi yang dipilih. "Siswa wajib terus mengasah kompetensinya sembari mencermati tingkat keketatan program studi," ujarnya.

Keempat, memperbanyak latihan. Dia mengatakan, menghadapi ujian tulis pada SBMPTN dan seleksi mandiri perlu persiapan mental. Dia melanjutkan, banyak siswa yang gagal diterima PTN disebabkan karena gugup atau grogi saat mengerjakan soal tes. "Biasakan diri anda dengan berbagai bentuk soal dengan cara memperbanyak latihan," ujarnya.

Kemudian, kata dia, bangun kepercayaan diri. Kata Jamal, jangan pernah terjebak oleh rayuan atau iming-iming dari joki atau orang-orang yang menjanjikan lolos secara instant. Sebab, lanjut dia, seleksi di PTN telah menerapkan berbagai strategi dan sistem monitoring untuk mencegah kecurangan.

Kelima,memahami prosedur seleksi PTN secara tepat. Jamal mengatakan, seleksi PTN seperti SNMPTN dan SBMPTN melibatkan berbagai tahapan. Kata dia, terkadang siswa gagal mengikuti seleksi karena adanya kekeliruan administrasi. "Pastikan anda memahami prosedur seleksi secara tepat dari pendaftaran sampai pelaksanaan ujian," katanya.

Selanjutnya, pastikan selektif dalam menerima informasi apapun yang berkaitan dengan proses seleksi PTN. Dia menambahkan, informasi yang sahih terkait proses pendaftaran dapat diperoleh melalui website resmi LTMPT, www.ltmpt.ac.id. "Selalu konsultasikan dengan pihak sekolah jika mengalami kesulitan terkait pendaftaran seleksi PTN," tuturnya.

Keenam, usaha maksimal disertai doa dan tawakal. Jamal mengungkapkan, tiga bentuk upaya insan Pancasila mewujudkan cita-cita impiannya adalah usaha, doa dan tawakal.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8222 seconds (0.1#10.140)