Selandia Baru Luncurkan Program Prakuliah dan Beasiswa di Indonesia

Selasa, 15 Desember 2020 - 17:31 WIB
loading...
Selandia Baru Luncurkan Program Prakuliah dan Beasiswa di Indonesia
Program pra kuliah dari 8 universitas di Selandia Baru. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - The University Consortium (NCUK) dan delapan universitas di Selandia Baru , baru-baru ini, meluncurkan program kemitraan yang memungkinkan siswa di Indonesia untuk memulai program prakuliah (pathway qualifications) di 2021. Program ini juga menawarkan beasiswa sebesar lebih dari NZD300.000 atau setara Rp2,9 miliar per tahun untuk program pra kuliah dari 8 universitas di Selandia Baru yang masuk dalam 3% teratas perguruan tinggi terbaik dunia oleh QS World University ranking.

Program kemitraan dengan NCUK - yang berkantor pusat di Inggris- dan 81 penyedia pendidikan dalam jaringan globalnya telah terakreditasi, memungkinkan siswa bisa menjalani program pra kuliah di Indonesia dan berkesempatan untuk mendapatkan jaminan tawaran dari perguruan tinggi di Selandia Baru. Program pra kuliah ini berlaku untuk pelajar yang ingin menempuh program Sarjana (S1) dan Magister (S2). (Baca juga: Kemendikbud Kenalkan Beasiswa ADik, Ini Prioritasnya )

"Inisiatif yang inovatif ini memberikan kesempatan bagi siswa di seluruh dunia untuk mendapatkan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas dalam hal bagaimana dan kapan mereka memperoleh pendidikan yang berkualitas tinggi di Selandia Baru," kata Menteri Pendidikan Selandia Baru, Chris Hipkins dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/12).

"Ini juga mencontohkan bahwa pendidikan di Selandia Baru berkualitas tinggi, gesit, berfokus pada masa depan, dan berfokus pada siswa," lanjutnya.

Menurut Worldwide Educating for the Future Index dari Economist Intelligence Unit, sistem pendidikan di Selandia Baru menempati peringkat pertama dunia di antara negara-negara berbahasa Inggris lainnya dan memberikan persiapan pendidikan yang paling baik bagi siswa untuk menyongsong masa depan. (Baca juga: Peluang Beasiswa Dalam dan Luar Negeri Terbuka Lebar bagi Pelajar Indonesia )

Program prakuliah di Indonesia akan diluncurkan melalui tiga pusat pendidikan, yakni BPK Penabur Jakarta - SMAK Kelapa Gading Internasional, i3L School of Business, dan TM College. Siswa di Indonesia bisa mendaftar untuk memulai program prakuliah secara langsung ke salah satu dari tiga pusat pendidikan tersebut mulai dari Desember 2020.

Kepala Eksekutif NCUK, Profesor John Brewer, menyambut baik kemitraan tersebut, karena ini memberikan pilihan tambahan bagi siswa yang sedang mempertimbangkan lokasi studi dengan keadaan pembatasan perjalanan internasional di masa pandemi Covid-19.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan pemerintah Selandia Baru dan perguruan tinggi di Selandia Baru dalam inisiatif ini. Tentunya hal ini menambah rekam jejak lebih dari 30 tahun kami telah berhasil untuk menempatkan lebih dari 35.000 siswa di perguruan tinggi terkemuka dunia di seluruh dunia," ungkap Brewer.

Penerimaan untuk program pra kuliah akan dimulai pada Maret 2021. Siswa akan memulai studi di Selandia Baru atau melalui jalur online pada 2022 atau 2023, setelah mereka menyelesaikan salah satu dari tiga program pra kuliah yang relevan melalui NCUK, yaitu program International Foundation Year (program satu tahun) untuk memasuki gelar sarjana di Selandia Baru; atau program International Year One yang setara dengan studi satu tahun menuju gelar sarjana bisnis atau teknik; atau juga bisa mengikuti program Pra-Magister untuk mengikuti program gelar magister di Selandia Baru.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6082 seconds (0.1#10.140)