Kemendikbud Canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip

Rabu, 16 Desember 2020 - 22:45 WIB
loading...
Kemendikbud Canangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip
Sekjen Kemendikbud Ainun Naim saat memberikan sambutan pada pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) secara virtual. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Kemendikbud mencanangkan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA). Hal ini dilakukan sebagai komitmen untuk meningkatkan pengelolaan arsip vital secara baik dan berkelanjutan sesuai prosedur.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainun Na’im menyambut baik GNSTA dan mengimbau kepada seluruh pimpinan unit kerja di Kemendikbud untuk berkomitmen menyelenggarakan kearsipan yang baik. (Baca juga: Jalur Cepat SMK-D2 Maksimalkan Hard Skill-Soft Skill Siswa SMK )

“Mari bersama-sama secara sistematis melaksanakan pengelolaan arsip melalui Pencanganan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip,” katanya melalui siaran pers, Rabu (16/12).

Penyelenggaraan kearsipan di Kemendikbud, dikatakan Ainun Na’im, mencakup aspek kebijakan kearsipan, aspek organisasi kearsipan, aspek sumber daya kearsipan, aspek prasarana dan sarana kearsipan, aspek pengelolaan arsip, serta aspek pendanaan kearsipan.

Sejalan dengan itu, Pelaksana tugas (plt.) Kepala Biro Umum dan PBJ, Wiwin Darwina menjelaskan GNSTA merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran seluruh pemangku kepentingan di Kemendikbud dalam mengelola kearsipan secara masif. (Baca juga: Maksimalkan Keterserapan Lulusan Vokasi, Kemendikbud Luncurkan 2 Program Ini )

“Pencanangan GNSTA dilaksanakan dalam rangka memenuhi amanat UU No 43/2009 tentang kearsipan dan Peraturan Kepala ANRI No 7/2017 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip serta SE Sekjen No 35/2020 tentang Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.” Jelasnya.

Pada kesempatan ini pula, seluruh pejabat eselon I di lingkungan Kemendikbud mendeklarasikan komitmen untuk meningkatkan pengelolaan kearsipan di satuan kerjanya masing-masing yang dilanjutkan dengan penandatanganan naskah deklarasi.

Menanggapi insiatif tersebut, plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), M. Taufik mengapresiasi pencanangan GNSTA. Menurutnya, kegiatan ini merupakan momentum penting dalam menumbuhkembangkan tata Kelola kearsipan yang baik di lingkungan Kemendikbud.

Ia mengatakan, rakor kearsipan beberapa waktu lalu salah satunya merekomendasikan perlunya komitmen pimpinan tertinggi di lingkungan Kemendikbud untuk memelihara arsip sesuai prosedur yang benar. Dengan begitu, perjalanan Kemendikbud dari waktu ke waktu bisa terdokumentasikan dengan baik untuk menjadi bahan pembelajaran bagi generasi berikutnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)