Dukung Kampus Merdeka, British Council-Unpad Kembangkan Inovasi Mata Kuliah

Selasa, 22 Desember 2020 - 13:31 WIB
loading...
Dukung Kampus Merdeka, British Council-Unpad Kembangkan Inovasi Mata Kuliah
British Council dan Unpad mengenalkan inovasi mata kuliah baru Olah Kreatifitas dan Kewirausahaan. Foto/Dok/Humas Unpad
A A A
JAKARTA - British Council dan Universitas Padjajaran (Unpad) mengenalkan inovasi mata kuliah baru Olah Kreatifitas dan Kewirausahaan. Dikembangkan dengan mengadopsi program Active Citizen British Council, 6,000 mahasiswa telah menyelesaikan mata kuliah ini.

Mata kuliah ini dikembangkan untuk mendukung visi Kampus Merdeka yang menganjurkan peningkatan kegiatan belajar dan mengajar di luar program studi. (Baca juga: Super Tax Deduction akan Dorong DUDI Bermitra dengan Pendidikan Vokasi )

Program Active Citizen memiliki tujuan untuk menyiapkan mahasiswa agar mampu mengembangkan rasa percaya diri dan empati, menghargai pendapat serta situasi orang lain serta memahami lebih mendalam berbagai macam sistem di masyarakat.

Direktur British Council Indonesia, Hugh Moffatt mengatakan, Program Active Citizen British Council telah memberikan berbagai pelatihan kepemimpinan bagi ratusan ribu orang di seluruh dunia dan menanggapi beberapa tantangan besar sosial di abad ke-21.

"Hari ini saya sangat bangga melihat Active Citizen menjadi sebuah katalis bagi kolaborasi positif, tidak hanya pada level komunitas namun juga bagi hubungan antara Inggris dan Indonesia melalui kerja sama pendidikan untuk mendukung visi Kampus Merdeka,” katanya melalui siaran pers, Selasa (22/12/2020). (Baca juga: Profesor ITS Terima Penghargaan Internasional dari Kemenlu Jepang )

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti, mengatakan, Tahap Persiapan Bersama atau TPB adalah sebuah program yang didesain untuk mahasiswa tahun pertama. TPB merupakan fondasi untuk menyiapkan mahasiswa mampu berfikir komprehensif dan bersikap mandiri dalam menghadapi seluruh kehidupan di kampus dan di masyarakat dengan kemajuan teknologi dan informasi.

Kurikulum TPB antara lain memuat Program OKK (Olah Kreativitas dan Kewirausahaan), menggunakan modul Active Citizen yang diadopsi dari British Council, yang bertujuan mengolah dan membentuk kemampuan berfikir komprehensif mahasiswa sehingga mampu mengenali masalah sosial di lingkungan sekitar dan memberikan alternatif solusi.

Active Citizens adalah program global yang digagas oleh British Council sejak 2016. Program ini memberikan pelatihan kepemimpinan sosial untuk anggota masyarakat atau komunitas yang mempromosikan dialog antar budaya dan pembangunan sosial yang direncanakan dan dilakukan oleh masyarakat secara mandiri.

Unpad telah menjadi mitra pelaksana Active Citizen sejak 2017. Mata kuliah ‘Olah Kreativitas dan Kewirausahaan’ ini wajib bagi mahasiswa tahun pertama. Mahasiswa akan memulai pembelajarannya dengan membangun empati dan rasa percaya diri yang kemudian dituangkan dalam proses perencanaan dan pelaksanaan aksi sosial.

Lalu mahasiswa akan meningkatkan pemahaman tentang masyarakat; belajar mengenai sistem masyarakat, mengidentifikasi intervensi untuk menangani persoalan di masyarakat dan meningkatkan motivasi untuk mengambil peran.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1709 seconds (0.1#10.140)