Asesmen Nasional Diundur ke September-Oktober

Rabu, 20 Januari 2021 - 14:25 WIB
loading...
Asesmen Nasional Diundur ke September-Oktober
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim raker dengan Komisi X DPR. Foto/SINDOnews/Neneng Z
A A A
JAKARTA - Jadwal asesmen nasional akan diundur pelaksanaanya ke bulan September dan Oktober 2021. Sebelumnya pelaksanaan asesmen nasional direncanakan dimulai Maret 2021.

Mendikbud menjelaskan, karena ada situasi pandemi Covid-19 yang meningkat maka Kemendikbud memutuskan untuk menunda pelaksanaan asesmen nasional. Target jadwal barunya, ujar Nadiem yaitu September dan Oktober 2021.

"Mengapa ditunda alasannya adalah untuk memastikan bahwa persiapan kita baik dari protokol kesehatan, persiapan logistik dan infrastruktur lebih optimal untuk memastikan protocol kesehatan terjaga dan keamanan siswa terjadi,” katanya pada saat raker dengan Komisi X DPR yang disiarkan daring, Rabu (20/1).

Mantan petinggi Gojek ini menerangkan, asesmen nasional penting dilakukan di tahun 2021 untuk melihat hasil pembelajaran dan dampak dari pandemic Covid-19 ke satuan pendidikan. Selain itu, katanya, adanya asesmen nasional juga akan menjadi pemetaan untuk melihat mana sekolah yang tertinggal sehingga bias dibuat strategi anggaran dan bantuan untuk sekolah yang paling membutuhkan bantuan.

“Karena saat ini kita tidak punyai data sekolah dan daerah yang paling membutuhkan bantuan dari pemda dan pusat need bantuan dr pemda dan pusat dari sisi anggaran dan pelatihan dan lainnya dukungan dibutuhkan untuk paling tetinggal dan kita akan tahu itu dengan adanya asesmen nasional,” ujarnya.

Dia juga menekankan bahwa tidak perlu ada persiapan khusus untuk asesmen nasional seperti mengikuti bimbel dan lainnya. Sebab asesmen nasional ini tidak ada dampaknya bagi kelajutan pendidikan murid di PPDB atau raport siswa. Asesmen naisonal, katanya, hanya memberikan visibilitas ke guru untuk bias memperbaiki diri dan juga untuk sekolahnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4034 seconds (0.1#10.140)