Ini 7 Strategi Mengelola Jadwal Belajar Mandiri Selama Pandemi

Rabu, 31 Maret 2021 - 12:48 WIB
loading...
Ini 7 Strategi Mengelola Jadwal Belajar Mandiri Selama Pandemi
UMB kembali menggelar program UMB Campus Talk Virtual Part XX, mengusung tema Pengelolaan Jadwal Belajar Mandiri Di Masa Pandemi di Edupark I AM UMB (24/3). Foto/ist
A A A
JAKARTA - Universitas Mercu Buana (UMB) kembali menggelar program UMB Campus Talk Virtual Part XX, mengusung tema 'Pengelolaan Jadwal Belajar Mandiri Di Masa Pandemi' bertempat di Edupark I AM UMB (24/3/2021). Kegiatan ini diikuti oleh 117 peserta dari SMAN 95 Jakarta .

Kegiatan ini dinarasumberi oleh Guru Bimbingan Konseling SMAN 95 Jakarta, Dra. Iin Yuningsih,MM, dan Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana, Aulia Kirana, dan dimoderatori oleh Alumni UMB, Muhammad Afif Fathoni.



Guru Bimbingan Konseling SMAN 95 Jakarta, Dra. Iin Yuningsih,MM menyebutkan, 4 point penting dalam proses pengelolaan jadwal belajar mandiri di masa pandemi yakni, pertama anak harus bisa mengatur jadwal belajar, kedua anak harus mengenal kekurangan dan kekuatan diri, ketiga memiliki tujuan dan keempat mengembangkan budaya literasi.

Sedangkan Dosen Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana, Aulia Kirana, memaparkan strategi yang dapat diterapkan agar siswa dapat mengelola jadwal belajar mandiri, sebagai berikut; pertama, merencanakan dan membuat tujuan belajar; kedua, mengelola waktu dengan mengatur jadwal secara seimbang; ketiga, mengontrol lingkungan belajar guna mempermudah proses belajar.

Selanjutnya, upayakan memahami materi secara berulang, seperti merangkum dengan bahasa yang mudah dipahami. Kelima, yakin akan diri sendiri untuk berusaha lebih giat dan terakhir carilah bantuan saat menghadapi kesulitan.



“Strategi pengelolaan jadwal belajar mandiri meliputi aktivitas-aktivitas yang berfokus pada tujuan belajar secara langsung dapat dilakukan, dapat dimodifikasi dan dimaintain segala aktivitas belajarnya. Beberapa strategi cukup efisien dapat membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar mandiri di masa pembelajaran daring,” kata Aulia Kirana.

Pengelolaan jadwal belajar mandiri di masa pandemi ini tentunya semua orang punya harapan ingin bisa beradaptasi dengan situasi ini. Bisa memanage waktu belajar dengan baik, ingin tetap sehat dan tetap produktif. Namun kenyataannya, banyak pihak belum bisa memaksimalkan hal tersebut. Pertanyaannya adalah bagaimana kita dapat mengoptimalkan pembelajaran di masa pandemi ini?

Berikut 7 Tips Mengelola Jadwal Belajar di Masa Pandemi:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2627 seconds (0.1#10.140)