Ini 7 Strategi Mengelola Jadwal Belajar Mandiri Selama Pandemi

Rabu, 31 Maret 2021 - 12:48 WIB
loading...
A A A
1. Atur manajemen waktu dengan baik:
membuat jadwal “to-do list” dengan menuliskan apa saja yang harus kamu kerjakan dalam satu hari. Mempunyai target yang harus dicapai.

2. Susun menu belajar:
Belajar memang penting, tapi jangan lupa kalau kamu juga butuh istirahat. Ini adalah salah satu menu yang perlu kamu siapkan kalau ingin belajar secara mandiri, yaitu waktu belajar. Waktu istirahat bisa dengan melakukan refreshing untuk menjaga kesehatan mental kita.

3. Inisiatif melibatkan orang lain:
Dalam konteks belajar di rumah, kamu bisa melakukan inisiatif dengan melibatkan orang lain dalam proses belajar. Orang lain dapat berfungsi sebagai pihak yang bisa mengevaluasi pemahaman kamu terhadap sebuah materi pelajaran. Komunikasi antara orang tua dengan anak sangat penting terlibat dalam hal ini. Supaya adanya komunikasi dua arah yang menjadi hal positif

4. Konsentrasi penuh:
Jauhkan perhatian kamu dari benda-benda yang sekiranya menciptakan distraksi. Seperti game di ponsel atau hal lain yang membuat kamu tidak fokus dengan belajar via daring ini. Menjaga kualitas tidur sangat penting supaya tetap fokus dalam belajar

5. Kenali irama dan jam biologis badan:
Pada , setiap kita memiliki irama kerja dan jam biologis badan yang berbeda. Sebagian orang lebih aktif dipagi hari, sebagian lagi lebih mudah berkonsentrasi dan bekerja di malam hari.

6. Tidak menunda-nunda:
Jadwal dan target yang telah kita susun berguna agar kita tidak menunda-nunda mengerjakan sesuatu. Jadi, penting agar kita tetap dan terus mengerjakan apa-apa yang harus dituntaskan.

7. Menjaga kesehatan:
Sangat penting menjaga kesehatan di masa pandemi ini. Menjaga kualitas tidur yang baik, dan hidup sehat berolaharga sangat membantu kita dalam mengoptimalkan jadwal belajar mandiri di masa pandemi.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2431 seconds (0.1#10.140)