UI Kembangkan iThermowall, Termometer Gratis untuk Screening Covid-19

Jum'at, 30 April 2021 - 00:41 WIB
loading...
A A A


Sejak mulai dipublikasikan secara open-source pada akhir Desember 2020, sudah banyak pihak yang mencoba membuat dan menduplikasikannya. Diantaranya, sebuah organinasi nirlaba di Oakland, USA yang berdikusi via email mengenai sensor suhu yang dipakai.

“Lalu ada siswa SMK dari provinsi NTB yang mencoba membuat dan menghubungi kami terkait hasil perakitan; serta yang terakhir adalah pemasangan empat unit iThermowall di Masjid Al Marjan Cipayung Depok, untuk screening jamaah pada pelaksanaan sholat Isya dan Tarawih di bulan Ramadhan ini,” kata Nur Imaniati Sumantri.

Desain iThermowall dibuat menjadi open-source dengan harapan semua orang dapat mempelajari, membuat, serta menduplikasi termometer otomatis ini, sehingga manfaat dari teknologi ini dapat tersebar dengan luas dan menjadi amal jariah,” kata Dekan FTUI, Dr. Ir. Hendri D. S. Budiono, M.Eng.

Untuk masalah keakuratan, iThermowall telah divalidasi dan dikarakterisasi hasil pengukurannya. Hasil validasi dan karakterisasi dapat dibaca di makalah berjudul “Infrared thermometer on the wall (iThermowall): An open source and 3-D print infrared thermometer for fever screening” yang dipublikasikan di Jurnal HardwareX yang diterbitkan oleh Elsevier.

File lengkap open-source termometer otomatis ini dapat diakses di link berikut: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2468067220300778 .
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)