Wujudkan Generasi Pembelajar untuk Menangi Persaingan di Masa Datang

Minggu, 02 Mei 2021 - 14:23 WIB
loading...
Wujudkan Generasi Pembelajar untuk Menangi Persaingan di Masa Datang
Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jadikan Hari Pendidikan Nasional momentum bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan generasi pembelajar. Karena di era disrupsi yang sarat perubahan ini, kesadaran untuk cepat belajar menjadi kunci untuk memenangi persaingan di masa datang.

"Memasuki era disrupsi dan menghadapi dampak pandemi Covid-19 membutuhkan generasi yang mampu beradaptasi lewat bekal pengetahuan yang dimilikinya," kata Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu (2/5/2021)



Menurut Lestari, membentuk generasi pembelajar menjadi sangat penting, karena keberhasilan menghadapi tantangan di masa datang sangat dipengaruhi oleh kecepatan kita dalam beradaptasi terhadap kondisi yang berubah dengan cepat.

Untuk mewujudkan generasi pembelajar, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, memerlukan upaya yang konsisten dan melibatkan semua pihak, baik para pemangku kepentingan dan masyarakat.

Program Merdeka Belajar yang bertujuan memberikan kemerdekaan bagi murid, guru, unit pendidikan dan ekosistem pendidikan untuk berpartisipasi dalam dunia pendidikan, ujar Rerie, diharapkan mampu mewujdkan hal itu.



Apalagi, jelas Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI itu, pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun ini juga berdampak pada kenaikan angka putus sekolah di tanah air.

Pada Desember 2020, UNICEF menemukan bahwa 938 anak di Indonesia putus sekolah akibat pandemi COVID-19. Bahkan, 75% di antaranya tak bisa melanjutkan sekolahnya.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mencatat sejak awal pandemi COVID-19 hingga Februari 2021 sudah lebih dari 150 anak putus sekolah karena menikah dan bekerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1304 seconds (0.1#10.140)