Teliti Kiprah dan Pemikiran Gus Dur, Mahasiswa UIN Jakarta Raih Beasiswa

Senin, 03 Mei 2021 - 07:34 WIB
loading...
A A A


Menanggapi pemberian beasiswa ini, Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis mengapresiasi FAH dan Wahid Foundation yang telah bekerjasama memberikan beasiswa. Ia berharap beasiswa ini bisa makin memacu mahasiswa melakukan riset lebih serius.

Gusdur Sosok Fenomenal
Pemberian beasiswa sendiri dilakukan berbarengan dengan kuliah umum yang disampaikan Profesor George Quinn dari Australian National University. Pakar bahasa dan sastra Jawa asal Australia sekaligus penulis buku Bandit Saints of Java ini menuturkan Gus Dur merupakan sosok luar biasa dalam kehidupan masyarakat Muslim Jawa dan Indonesia.

Selain pernah memimpin salah satu organisasi Islam terbesar Nahdlatul Ulama dan Presiden RI 1999-2001, Gus Dur juga dinilai banyak kalangan Muslim tanah air sebagai sosok dengan banyak keistimewaan dan keunikan. Selain karya yang merangkum pemikirannya, berbagai karya lain juga banyak mengeksplorasi keistimewaan dan keunikan sosoknya.

Ia mencontohkan bagaimana dengan keunikannya, Gus Dur diasosiakan sebagai sosok Nabi Khidr di masa modern. Pemikiran dan aksi politiknya yang sulit diramalkan makin memperkuat pengasosiasian dirinya dengan Nabi Khidr yang digambarkan literatur Islam memiliki sikap dan perbuatan yang sulit ditebak.

Lebih dari itu, keunikannya juga diyakini menegaskan kepandaiannya, termasuk kepandaian berpolitik. “Bahkan menurut Profesor Greg Feally, keberhasilannya menjadi Presiden RI membuktikan dirinya pandai berpolitik dengan berbagai siasat dan akrobat politik yang tak bisa diramalkan, seperti halnya Nabi Khidr,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor Amany menambahkan, Gus Dur merupakan sosok fenomenal dengan kiprah dan pemikirannya. Salahsatu yang diingatnya adalah saat Gus Dur meminta Profesor Nabilah Lubis, ibunya, menyampaikan ceramah dalam kegiatan Nuzulul Quran di Mesjid Istiqlal.

Hal itu, sambungnya, mengubah kebiasaan pada masa-masa sebelumnya dimana penceramah biasanya merupakan ulama laki-laki. “Sampai sekarang belum terulang lagi Nuzulul Quran dengan penceramah perempuan,” terangnya.

Hal lain yang diingat Rektor Amany adalah saat dirinya ditugaskan menjadi penerjemah bagi istri Gus Dur Dr. Hj. Sinta Nuriyah Wahid dalam mendampingi suaminya melakukan lawatan ke beberapa negara Timur Tengah. Sepanjang lawatan itu, Gus Dur banyak menekankan pentingnya kerukunan ummat agama di Indonesia dan dunia sebagai basis kehidupan harmonis ummat manusia.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3443 seconds (0.1#10.140)