Mahasiswa ITS Gagas Bisnis MPASI Berbahan Dasar Buah Mangrove

Selasa, 18 Mei 2021 - 21:08 WIB
loading...
A A A
“Pada perebusan kedua buah perlu direbus lebih lama untuk menghilangkan kandungan sianida dan tanin yang berbahaya bagi kesehatan,” papar mahasiswi kelahiran Juli 2001 ini.

Lebih lanjut, bebernya, hasil perebusan kedua yang telah dicuci akan direndam selama 48 jam lalu dikeringkan dan digiling menggunakan blender. Setelah digiling, buah akan berbentuk tepung yang kemudian akan dicampurkan dengan Glycine max. “Tepung inilah yang kemudian diolah menjadi bubur instan dan biskuit yang pengolahannya seperti pada umumnya,” jelas alumnus SMAN 1 Sukoharjo ini.

Dari segi kemasan, RooveBites menggunakan kemasan berbahan aluminium foil. Selain harganya terjangkau, aluminium foil dapat meminimalisir masuknya udara dan bakteri karena material ini tidak bisa ditembus cahaya matahari. “RooveBites Porridge dikemas dalam bentuk sachet dan RooveBites Toddler dalam bentuk standing pouch,” sambung mahasiswi yang saat ini aktif di Himpunan Mahasiswa (Hima) Kimia ITS.

Dalam rancangan pemasaran produk sendiri, tim ini memanfaatkan penjualan daring lewat platform e-commerce dan mempromosikan produk di lokasi yang ditargetkan. “Pemasaran offline mengutamakan daerah sekitar toko bayi, rumah sakit anak dan bayi, klinik anak dan bayi, tempat penitipan anak dan bayi, serta komunitas pengidap autisme,” terangnya.

Ke depannya, tim yang dibimbing Herdayanto Sulistyo Putro SSi MSi ini berharap produk ini dapat diuji lebih lanjut dan dapat diedarkan ke pasaran. “Harapannya, produk ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dan dapat dipasarkan dalam skala nasional hingga internasional,” tandasnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1693 seconds (0.1#10.140)