Makna dan Simbol Kemegahan Kampus Biru UIN Raden Fatah Palembang

Selasa, 25 Mei 2021 - 14:03 WIB
loading...
A A A
Ini sebagaimana makna dalam surat Ad-duha, di mana waktu tersebut adalah salah satu waktu terbaik untuk meminta rizki kepada Allah SWT. Salah satu rizki Allah adalah ilmu pengetahuan yang masing-masing individu akan mendapati pemahaman ilmunya masing-masing sesuai dengan ketetapan Allah yang tertulis di Lauhilmahfuz.

"Bangunan kembar gedung Administrasi dan Perpustakaan membentuk anak panah yang menunjuk ke arah utara dan selatan yang merupakan simbol sumbu atau poros bumi (dunia) sebagai simbol cita-cita agar UIN Raden Fatah menjadi poros dunia dalam membangun peradaban umat di dunia," tandasnya.

Seluruh harapan tersebut terpagari dalam simbol visi dan misi UIN Raden Fatah berstandar internasional (visi ke-1) dengan mengadopsi tiang pagar yang terbuka berwarna silver (milenium/milenial) yang mewakili semangat modern.

Sementara pagar yang mengelilingi kawasan 15 Ha, memiliki ketinggian yang sama. Ini melambangkan wawasan kebangsaan (visi ke-2) di mana bangsa ini menjunjung tinggi kemanusiaan, persamaan hak dan kewajiban dalam hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali.

Tiang besi menyerupai bambu runcing berjumlah 17 menyimbolkan 17 Agustus 1945 sekaligus 17 Ramadan sebagai simbol karakter islami (visi ke-3) di mana dasar yang melindungi/mengelilingi gerak-langkah adalah Al-Qur’an yang pertama kali diturunkan tanggal 17 Ramadhan.

Begitu juga dengan bentuk kepala tiang pagar berbentuk piramida. Ini melambangkan piramida ilmu yang mengerucut ke atas yang berarti luasnya ilmu pengetahuan dan teknologi berasal dari satu titik puncak yakni Allah SWT.

Demikianlah harapan dan makna yang disimbolkan pada bangunan serta infrastruktur Kampus baru UIN Raden Fatah Palembang untuk menjadi simbol sejarah di mana orang merasa belum ke Palembang bila belum ke UIN Raden Fatah.

"Kehadiran Kampus ini juga diharapkan memberikan sebuah warna dan semangat baru bagi civitas akademika UIN Raden Fatah Palembang," kata Nyayu Khodijah

"Kemegahan gedung serta ketersediaan sarana-prasarana berbasis teknologi modern yang ada di kampus ini akan sangat menunjang proses akademik perkuliahan, penelitian, pengembangan, dan inovasi di Kampus tercinta ini," tutupnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2955 seconds (0.1#10.140)