Makna dan Simbol Kemegahan Kampus Biru UIN Raden Fatah Palembang

Selasa, 25 Mei 2021 - 14:03 WIB
loading...
A A A
Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Khodijah dihadapan Menag dan Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pembangunan Kampus B berlangsung selama 723 hari, dari tanggal 16 Oktober 2018 dan selesai pada 7 Oktober 2020.

Menurutnya, pembangunan Kampus B ini juga tidak terlepas dari berbagai dinamika sejarah yang ditorehkan oleh para tokoh UIN Raden Fatah Palembang.

Ia menambahkan, pembangunan Kampus B ini bermula dari amanah para pendahulu UIN Raden Fatah Palembang yang punya harapan memiliki kampus yang indah sebagai representasi budaya masyarakat muslim di Sumatera Selatan.



Ini sejalan dengan distingsi UIN Raden Fatah Palembang- sebagai pusat peradaban melayu Islam yang diamanahkan oleh Kemenristekdikti dan tertuang dalam MoM Project 4 in 1.

Pembangunan gedung di Kampus B UIN Raden Fatah Palembang ini, lanjutnya, juga dibangun dengan berbagai filosofi-filosofi yang terukir pada sisi arsitektur bangunannya yakni:

"Bangunan yang dikelilingi canal atau sungai melambangkan makna tanah melayu yakni tanah yang dikelilingi air," kata Rektor UIN Raden Fatah Palembang.



"Canal atau sungai ini melambangkan "Sungai Batang Hari Sembilan". Sungai tersebut mengalir mengelili bangunan sejauh tepat 1000 meter yang melambangkan bahwa semua ilmu pengetahuan yang diberikan semoga menjadi amal jariah yang mengalir 1000 tahun lebih ke depan bagi kemaslahatan umat," sambungnya.

Arah pintu masuk gerbang utama menuju kawasan kampus, jelasnya, sejajar dengan arah bayangan tiang yang dibentuk sinar matahari terbit di waktu sepenggalah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6184 seconds (0.1#10.140)