Tips Mempublikasikan Jurnal Ilmiah Terindeks Scopus dari Guru Besar IPB

Kamis, 10 Juni 2021 - 12:47 WIB
loading...
Tips Mempublikasikan Jurnal Ilmiah Terindeks Scopus dari Guru Besar IPB
Wakil Rektor IPB University Bidang Internasionalisasi, Kerja Sama dan Hubungan Alumni Prof Dodik Ridho Nurrochmat. Foto/Dok IPB University
A A A
JAKARTA - Wakil Rektor IPB University Bidang Internasionalisasi, Kerja Sama dan Hubungan Alumni Prof Dodik Ridho Nurrochmat membagikan tips bagaimana mempublikasikan jurnal ilmiah terindeks Scopus .

Pada kesempatan ini, Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan (Fahutan) IPB University ini memaparkan pengalamannya serta berupaya untuk merefleksikan pengalaman peneliti yang lain.



Baru-baru ini sitasi yang cukup banyak dimuat oleh penulis lain adalah jurnal ilmiah yang telah terindeks Scopus Q1. Pengakuan tersebut menggambarkan bahwa jurnal yang terindeks Q1 sudah terjamin kualitasnya sehingga layak untuk disitasi.

Dodik menceritakan, dirinya memulai menulis jurnal berawal dari tertantang untuk menulis di media populer. Namun yang menjadi pertimbangan bagi penulis yakni produktivitas tulisan perlu diperhatikan apabila ingin menulis artikel ilmiah dan artikel popular di saat yang bersamaan.

Hal tersebut, ujar Pakar Manajemen Hutan IPB University ini, karena gaya penulisan antara artikel ilmiah dan artikel popular di media massa pun berbeda.



“Jurnal ilmiah yang belum terindeks Q1 memang tidak serta merta tidak menjamin kualitas kepakaran. Namun pengakuan atas jurnal ilmiah apabila dilihat dari indeks scopusnya dapat membuka peluang peneliti untuk bergabung dalam kelompok peneliti elit,” katanya melalui siaran pers, Kamis (10/6).

Lebih lanjut ia menyarankan bagi para penulis muda untuk tidak terlalu banyak memasukkan ide serta harus mematahkan tekanan psikologis untuk langsung menulis jurnal terindeks Q1. Menurutnya, penulis juga harus menghindari sibuk mencari alasan yang menjadi persoalan utama dalam menghambat keinginan untuk mulai menulis.

“Dalam penulisan jurnal ilmiah, penulis juga harus memperhatikan permasalahan etika dan common sense. Misalnya dalam kesepakatan urutan nama penulis utama dan penulis dampingan karena tidak boleh diremehkan,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2899 seconds (0.1#10.140)