Desain Pondasi Tiang Rakit, Tim ITS Juarai Civil National Expo 2021

Rabu, 16 Juni 2021 - 10:42 WIB
loading...
A A A
“Dengan kombinasi grafik dan konsep creep piling dalam tahap preliminary design, didapatlah jumlah tiang dan diameter yang sudah disebutkan sebelumnya yang dapat menahan beban gedung sebesar 52.625 ton,” paparnya.

Wildan melanjutkan, grafik yang dibuat oleh tim yang berisi mahasiswa angkatan 2018 ini mendapat pujian dari para juri. Pada tahap final, juri bertindak seperti owner dari proyek, sedangkan tim peserta berperan sebagai kontraktor saat presentasi.

Menurut para juri, grafik yang mereka buat mirip dengan grafik yang digunakan di proyek konstruksi nyata. “Grafik ini mirip seperti yang digunakan kontraktor saat tender,” sebutnya.

Mahasiswa asal Sidoarjo ini mengaku bahwa perancangan pondasi tiang rakit merupakan hal yang baru bagi mereka karena kombinasi pondasi dalam dan dangkal tidak pernah dipelajari selama kuliah.

Dengan bantuan dosen pembimbing Dr Yudhi Lastiasih ST MT, mereka mencari berbagai literatur terkait dan mendapat banyak revisi serta masukan. “Masalah pengolahan data sudah dipelajari di kuliah, namun perancangan pondasi tiang rakit ini masih sangat baru bagi kami,” tambahnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3272 seconds (0.1#10.140)