Begini Prinsip Pembelajaran di Masa Pandemi yang Harus Diketahui Orang Tua

Jum'at, 25 Juni 2021 - 17:50 WIB
loading...
Begini Prinsip Pembelajaran di Masa Pandemi yang Harus Diketahui Orang Tua
Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jumeri. Foto/Dok/Humas Kemendikbud
A A A
JAKARTA - Tahun ajaran baru 2021 akan dimulai pada Juli nanti dimana pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas akan bersifat dinamis dan disesuaikan dengan PPKM Mikro di masing-masing daerah.

Dikutip melalui instagram resmi Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek di @ditpsd, Jumat (25/6), Panduan Pembelajaran Paud Dikdasmen di Masa Pandemi Covid-19 mengatur tentang prinsip pembelajaran yang harus dilakukan oleh sekolah, yaitu:
1. Orientasi pada anak
2. Pemberian umpan balik
3. Pembelajaran bermakna dan diferensiasi
4. Orientasi pada keterampilan hidup
5. Inklusif

Baca juga: Merdeka Belajar, Mulai Tahun Ini Unpad-ITB Gelar Kuliah Bersama

Hal ini tidak hanya berlaku bagi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Tetapi juga untuk Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), karena dalam pembelajaran di masa Pandemi Covid-19, orang tua memiliki hak untuk memilih apakah anaknya diizinkan mengikuti PTM Terbatas atau tetap PJJ.

Jika sekolah sudah melaksanakan PTM Terbatas, maka ada alternatif pembelajaran yang dapat digunakan agar dapat mengurangi resiko penularan Covid-19.

Yaitu dengan mengoptimalkan pembelajaran di luar kelas atau dengan Project Based Learning. Project Based Learning ini juga efektif diterapkan dalam PJJ.

Baca juga: Komisi X DPR Minta Tinjau Ulang Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19:

1. Pembelajaran di Luar Kelas
Sekolah dapat memanfaatkan pembelajaran di luar kelas untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, anak-anak juga akan merasa lebih nyaman dalam belajar.

2. Project Based Learning
Sekolah dapat mengimplementasikan pembelajaran berbasis project (project based learning) untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, meningkatkan rasa keingintahuan yang tinggi, critical thinking dan kolaboratif.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1588 seconds (10.55#12.26)