Pandemi Covid-19 Merebak, Ahli Gizi UGM Bagikan Tips Tingkatkan Imunitas

Jum'at, 25 Juni 2021 - 19:57 WIB
loading...
Pandemi Covid-19 Merebak, Ahli Gizi UGM Bagikan Tips Tingkatkan Imunitas
Makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat di tengah pandemic Covid-19. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ahli Gizi FKKMK UGM Dr. Toto Sudargo, M.Kes memberikan tips atau cara-cara agar mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit ditengah pandemic Covid-19 yang kini semakin menyebar.

Di tengah penularan Covid-19 yang semakin menjadi ia menyarankan untuk setiap individu melakukan olahraga yang teratur dengan intensitas sedang.



Olahraga dengan intensitas sedang tersebut adalah olahraga 3-5 kali per minggu dengan durasi 30-45 menit. Olahraga tersebut bisa dilakukan di tempat terbuka dengan paparan sinar matahari pagi.

“Neural exercise, misalnya pernafasan, vokalisasi dan postur untuk menjaga kesehatan dan physical exercise untuk menjaga kebugaran. Selain itu, istirahat yang cukup dan selalu berpikir yang positif pada hal-hal yang ada di sekitar kita, hidup damai dan selalu bahagia,” katanya dilansir dari laman resmi UGM di ugm.ac.id, Jumat (25/6).

Toto mengatakan cara meningkatkan imun saat di awal pandemi dan saat ini pada prinsipnya sama. Hanya saja untuk saat ini sudah didukung dengan adanya vaksinasi Covid-19 untuk meningkatkan kekebalan tubuh.



Meski telah divaksin, katanya, masyarakat tetap saja diharapkan menjalankan perilaku disiplin protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Hal yang tak kalah penting di tengah maraknya penularan Covid-19 yang semakin merajalela adalah menghadirkan standar gizi sederhana untuk meningkatkan imun. Yaitu dengan perbanyak mengonsumsi buah dan sayur.

Makanan-makanan yang mengandung zat gizi spesifik yang berperan langsung dalam menunjang berbagai aktifitas sistem imun. Makanan-makanan tersebut diantaranya makanan yang mengandung vitamin C, seperti semua buah segar, sayur segar yang kandungan vitamin C-nya cukup tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4977 seconds (0.1#10.140)