Ini Tips bagi Orang Tua untuk Bangun Motivasi Belajar Anak

Selasa, 13 Juli 2021 - 00:09 WIB
loading...
Ini Tips bagi Orang Tua untuk Bangun Motivasi Belajar Anak
Seorang siswa sekolah dasar mengikuti pembelajaran jarak jauh dari rumahnya. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kondisi pandemik banyak mempengaruhi kehidupan manusia, tidak terkecuali dengan pola pendidikan dan asuh/parenting anak. Anak pun ada yang mengalami kebosanan karena metode pendidikan yang berlangsung daring saat ini sehingga menurunkan motivasi belajar.

Psikolog dari Yayasan Heart of People Yohana Theresia mengatakan, metode daring menjadi tantangan tersendiri bagi yang terlibat di pendidikan dan parenting. Banyak kasus yang ditemui di lapangan, katanya, menunjukan adanya indikasi penurunan motivasi dalam belajar anak .

Baca juga: Ini 5 Keutamaan Pengenalan Profesi pada Anak

Hal itu, ujarnya, tidak lepas dari banyak faktor diantaranya keterbatasan penguasaan gawai di sisi pengajar, materi pembelajaran yang kurang variatif dan menarik hingga kurangnya kontrol penggunaan gawai di anak hingga intervensi yang salah dari orang tua.

“Sehingga jika motivasi belajar turun sangat berpengaruh ke banyak aspek lainnya, yakni level pemahaman, kreativitas, produktivitas dan tentunya hasil pencapaian pembelajaran itu sendiri,” katanya pada webinar Faber-Castell, bertema Menstimulasi Motivasi Belajar Anak di Era New Normal melalui siaran pers, Senin (12/7).

Oleh karena itu, ujarnya, untuk membantu kembali meningkatkan motivasi belajar anak, orang tua setidaknya dapat menerapkan beberapa tips dalam membangun motivasi. Menurutnya, motivasi itu dapat dibagi berdasarkan 2 sumber, yakni intrinsik (internal) dan ekstrinsik (eksternal).

Baca juga: Simak Lagi Kebijakan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru di Masa Pandemi

Tips membangun motivasi tersebut yakni:

1. Orang tua harus ikut terlibat

2. Orang tua juga diminta untuk sering mendengar
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3376 seconds (11.252#12.26)