Tim Mahasiswa ITS Rancang Portable Charger Berbasis Green Hydrogen

Rabu, 14 Juli 2021 - 12:43 WIB
loading...
A A A


“Sehingga kompatibel untuk fast charging mobil listrik dengan waktu 1 jam 58 menit pada baterai 13,8 kilowatt,” tegasnya yakin.

Antasena PCEV diperkirakan dapat menghasilkan listrik hingga 20.440 kilowatt pertahun, dengan estimasi harga alat sekitar Rp14 juta. Fatah dan tim meyakini jika harga tersebut sangat rendah jika dibandingkan listrik PLN yang mencapai Rp 29.529.668 pertahun, sehingga diyakini masih terjangkau untuk dibeli masyarakat.

“Selain itu, pada kondisi maksimum baterai, diperkirakan jarak yang dapat ditempuh adalah 133,86 kilometer,” ungkap mahasiswa tahun ketiga ini.

Melalui inovasi mereka dalam merancang portable charger tersebut, tim Antasena PCEV berhasil meraih kategori Best Vote dalam ajang Astra Green Energy Student Innovation (AGEn SI) 2021 pada 22 Juni lalu yang digelar secara daring. Bersama Fatah, tim ini beranggotakan dua mahasiswa Teknik Material dan Metalurgi lainnya yakni Rikza Octavian Pratama dan Risa Wahyu Widyastuti.

Ke depannya, tim yang dibimbing Sutarsis ST MSc ini berharap agar inovasi Antasena PCEV ini bisa mendapat pendanaan, sehingga tim dapat mengembangkannya lebih lanjut. “Kami juga berharap agar Antasena PCEV ini dapat terealisasi untuk diproduksi secara massal, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia,” pungkasnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)