Indonesia Hadapi Krisis Kepemimpinan, Hanya 7% Milenial Kompeten Jadi Pemimpin

Kamis, 12 Agustus 2021 - 09:40 WIB
loading...
Indonesia Hadapi Krisis Kepemimpinan, Hanya 7% Milenial Kompeten Jadi Pemimpin
Konferensi pers virtual Lead The Fest 2021, Selasa (10/8). Foto/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Indonesia dihadapkan pada persoalan kekurangan pemimpin di tengah era globalisasi saat ini. Bahkan, hanya 7 persen milenial yang berkompetensi menjadi seorang pemimpin.

Persoalan tersebut mengemuka dalam jumpa pers virtual Lead The Fest 2021 yang digelar oleh platform Pemimpin.id, sebuah yayasan non-profit yang memiliki tujuan utama membentuk ekosistem pemimpin yang inklusif, efektif, dan memberdayakan di Indonesia.



CEO Pemimpin.id, Dharmaji Suradika mengaku khawatir dengan kondisi tersebut. Apalagi, kata dia, untuk sektor private saja, Indonesia juga kekurangan sekitar 8 juta pemimpin. Kondisi pandemi COVI-19, kata Dharmaji, dikhawatirkan menyebabkan stok pemimpin di Indonesia terus menurun.

"Berdasarkan penelitian, hanya 7 persen milenial yang berkompetensi menjadi pemimpin dan sektor privat saja kekurangan 8 juta pemimpin," ujar Dharmaji dalam keterangan pers, Selasa (10/8/2021).

Oleh karenanya, pihaknya terus berupaya melakukan kampanye untuk melahirkan calon-calon pemimpin Indonesia masa depan. Lewat upaya kongkret, Pemimpin.id berupaya menciptakan komunitas kepemimpinan lewat riset, media, pelatihan dan event, serta komunitas pembelajar.

"Lewat upaya kongkret tersebut, kita menginginkan semakin banyak pemimpin-pemimpin masa depan Indonesia," katanya.



Upaya lainnya yang akan dilakukan pihaknya, lanjut Dharmaji, yakni menggelar Lead The Fest 2021 bertajuk "Leading in The New Era" sebagai ajang festival kepemimpinan terbesar di Indonesia.

Menurutnya, Lead The Fest 2021 menjadi ajang dialog dan belajar para ahli serta tokoh masyarakat lintas generasi sekaligus ajang selebrasi kepemimpinan Indonesia yang akan menularkan semangat juang perubahan dan mengukuhkan kekuatan kepemimpinan dalam semangat gotong-royong.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)