Keren, Alumnus UGM Ini Wakili Indonesia di KTT Pemuda G20

Rabu, 01 September 2021 - 11:07 WIB
loading...
Keren, Alumnus UGM Ini Wakili Indonesia di KTT Pemuda G20
Alumnus Jurusan HI UGM Angelo Wijaya, baru-baru ini menghadiri KTT Pemuda G20 yang diadakan secara hybrid di Kota Milan dan Kota Bergamo, Italia. Foto/DOk/Humas UGM
A A A
JAKARTA - Alumnus Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada (UGM) Angelo Wijaya, baru-baru ini menghadiri KTT Pemuda G20 yang diadakan secara hybrid di Kota Milan dan Kota Bergamo, Italia. Pertemuan tersebut diadakan selama seminggu dari tanggal 19 hingga 23 Juli 2021 dan dihadiri oleh lebih dari 80 delegasi dari 20 anggota G20.

Angelo merupakan mahasiswa UGM pertama dalam sepuluh tahun yang lolos terpilih sebagai delegasi Indonesia untuk KTT Pemuda G20 atau yang juga dikenal sebagai Y20 Summit. Tahun ini, ia merupakan satu diantara tiga delegasi yang dikirim oleh Indonesia untuk mengikuti rangkaian acara Y20 Summit.



Setiap tahunnya, ratusan pemuda Indonesia mendaftar untuk menjadi salah satu dari tiga perwakilan pemuda ini.

Pada pertemuan tersebut, Angelo mewakili suara dan aspirasi pemuda Indonesia yang dikumpulkan melalui tiga Focus Group Discussions, sebuah National Consultation, sebuah survei independent, dan sebuah survei yang dirancang bersama dengan UNICEF.

Sebelum pertemuan tingkat tinggi ini dilaksanakan, para perwakilan pemuda dari seluruh anggota G20 telah melakukan preliminary negotiation sejak awal tahun 2021. Angelo mewakili pemuda Indonesia dalam bernegosiasi dengan perwakilan G20 lainnya dalam bidang Innovation, Digitization, and Future of Work.



Aspirasi yang disampaikan selama pertemuan tersebut kemudian dirangkum kedalam sebuah Final Communique yang akhirnya disampaikan kepada Presidensi G20 tahun ini yaitu Pemerintah Italia. Selanjutnya, proposal ini akan disampaikan kepada para pemimpin pemerintahan dan pemimpin negara G20 pada G20 Summit yang akan diadakan di Kota Roma, Italia pada tanggal 30-31 Oktober 2021 mendatang.

Angelo mengaku bangga ketiga delegasi Indonesia tahun ini berhasil meloloskan proposal yang dibawa ke G20. Delegasi Indonesia juga berhasil mempelopori dukungan pemuda G20 terhadap pemerataan distribusi vaksin global melalui endorsement Y20 terhadap TRIPS Waiver yang tercantum di Communique Akhir Y20.

“Banyak sekali insights yang kami dapatkan dari para pemuda dari berbagai penjuru Indonesia yang telah menyampaikan aspirasinya melalui Focus Group Discussions, National Consultation, maupun survei," katanya dilansir dari laman resmi UGM di ugm.ac.id, Rabu (1/9/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4657 seconds (0.1#10.140)