Ornamen Header
Tanpa Adaptasi Edukasi, Profesor Unpad Ingatkan Potensi Kegagalan Generasi ke Depan
Tanpa Adaptasi Edukasi, Profesor Unpad Ingatkan Potensi Kegagalan Generasi ke Depan
Universitas Padjadjaran (Unpad). Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Profesor Universitas Padjadjaran (Unpad) yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Arief Sjamsulaksan Kartasasmita mengingatkan pentingnya melakukan adaptasi sistem pendidikan. Tanpa ada adaptasi sistem pendidikan, maka akan menghadapi kegagalan mempersiapkan generasi ke depan.

Perkembangan teknologi digital yang begitu cepat turut mendukung perkembangan sistem edukasi. Era disrupsi sekaligus situasi pandemi pun mendorong sistem pendidikan untuk cepat beradaptasi. “Pandemi ini dan perubahan disrupsi teknologi menurut saya merupakan game changer dalam kita melakukan proses edukasi,” kata Arief pada acara Silaturahmi Dewan Profesor “Pandemi dan Tridharma Perguruan Tinggi“, sebagaimana dilangsir laman Unpad.

Baca juga: 14 Universitas Terbaik Indonesia versi THE World University Rankings 2022

Untuk itu, Prof. Arief mengingatkan perlunya kebersamaan, termasuk para guru besar di lingkungan Unpad dalam mempersiapkan hal tersebut untuk keberhasilan para peserta didik. Jika tidak segera dipersiapkan, dapat berimbas pada kegagalan generasi di masa depan.



“Lambat kita merespons perubahan ini maka kita mempersiapkan kegagalan generasi di depan,” kata Prof. Arief.

Prof. Arief mengungkapkan, persiapan Unpad menjadi Hybrid University sudah dilakukan sebelum masa pandemi Covid-19. Munculnya pandemi semakin mendorong Unpad untuk terus beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah.

“Kalau virus saja bisa bermutasi maka seharusnya kita pun bisa berubah untuk bisa menyesuaikan diri dengan perubahan atmosfer di dalam proses pendidikan,” ujar Prof. Arief.

Baca juga: Cerita Mahasiswa ITB yang Raih Perak di Olimpiade Matematika

Lebih lanjut Prof. Arief mengatakan bahwa menciptakan inovasi dalam pendidikan hybrid, ini berarti tetap menjaga mutu kualitas pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!