Nilai Rapor Anak Merah? Jangan Marah, Ini Cara Bijak Menyikapinya

Selasa, 14 September 2021 - 09:31 WIB
loading...
A A A
Walaupun nilai rapor untuk pelajaran saintek mereka kurang baik, mungkin nilai pelajaran soshum atau bahasa mereka cukup bisa diandalkan. Tunjukkanlah dukungan Anda dengan memuji keberhasilan yang mereka peroleh, sekecil apapun itu. Lewat cara ini, mereka akan merasa memiliki tanggung jawab lebih untuk menghasilkan nilai yang lebih baik kedepannya.

Ajak Mereka Berdiskusi
Selanjutnya, cobalah meluangkan waktu sejenak untuk mengajak mereka berdiskusi. Mengajak anak berdiskusi dapat menjadi langkah yang baik dalam membantu mereka meningkatkan nilai rapor ke depannya. Cari tahu, apa yang menjadi kendala mereka selama belajar. Cermati setiap penjelasan anak, untuk mengidentifikasi masalah yang menjadi penyebab nilai rapor mereka kecil.

Setelah itu, cobalah untuk menawarkan solusi bijak untuk mengatasinya. Misalnya, jika mereka kesulitan menerima pelajaran selama belajar online di rumah, menawarkan mereka bimbel online bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun ingat, jangan pernah memaksakan pilihan Anda jika mereka tidak berkenan.

Konsultasikan Masalah Kepada Guru Mereka
Setelah menemukan masalah yang dihadapi anak, ada baiknya jika Anda mengkonsultasikannya kepada guru mereka di sekolah. Guru yang baik tentu memahami setiap masalah yang dihadapi peserta didiknya. Anda bisa meminta pendapat guru mereka untuk mengatasi masalah nilai rapor tersebut.

Jangan Berikan Hukuman
Bersikap tegas boleh saja asalkan tidak berlebihan. Alih-alih memberikan hukuman, akan lebih baik jika Anda memberikan bantuan yang nyata kepada mereka. Misalnya, jika mereka jenuh selama belajar di rumah, bantulah anak Anda untuk mendapatkan suasana yang lebih nyaman. Karena, tak bisa dipungkiri, sebagian besar siswa merasa kurang nyaman ketika belajar online di rumah.

Suasana rumah yang kurang kondusif, akan sangat berpengaruh pada prestasi belajar mereka. Selain suasana belajar yang nyaman, Anda juga bisa mencarikan cara yang lebih efektif untuk memahami materi pelajaran yang mereka hadapi. Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, jika Anda tidak mampu membimbing mereka belajar, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan mereka pada lembaga bimbingan belajar online yang terpercaya.

Sebagian besar bimbel online, tentu menawarkan solusi belajar dengan konsep yang menyenangkan dan tidak membosankan. Lewat cara ini, anak Anda akan lebih mudah memahami materi pelajaran yang mereka hadapi secara lebih baik. Sehingga berdampak pada nilai rapor mereka di kemudian hari.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat menyikapi nilai rapor anak yang kurang baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk meningkatkan nilai rapor anak di semester selanjutnya.

Selamat mencoba!
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1643 seconds (0.1#10.140)