Ini 8 Cara Mudah Menghafal Tabel Periodik Kimia

Kamis, 16 September 2021 - 07:07 WIB
loading...
A A A
2. Buatlah Pengelompokan Unsur-Unsur Secara Lebih Spesifik
Tabel periodik kimia biasanya sudah dikelompokkan berdasarkan warna untuk setiap kategorinya. Nah, jika menurut kamu cara ini membantu maka bisa dibuat pengelompokan baru berdasarkan baris, kolom, berat atom, atau kategori apa saja yang dinilai paling mudah menghafalkannya. Jadi cara ini bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan minat kamu mau menghafalkan mulai dari kategori yang mana.

3. Gunakan Waktu Senggang untuk Mengingat-ingat
Setelah sudah melakukan upaya-upaya di atas, maka waktunya untuk membiasakan diri dengan tabel periodik kimia. Hal di atas akan percuma jika tidak dilakukan secara konsisten bahkan bisa tidak berguna sama sekali. Jadi luangkan waktu barang sebentar untuk kembali menengok lembaran tabel periodik atau mengingat-ingat konsep hafalan yang sudah dibuat.

Itulah sebabnya Anda perlu pengingat atau membawa perangkat tabel periodik ini ke mana saja, sehingga jika ada waktu luang bisa mengingat-ingatnya. Kamu bisa mencoba mengingat dari bentuknya, polanya, unsurnya, dan mulai berkonsentrasilah pada unsur-unsur mana saja yang sulit diingat.

4. Kaitkan Unsur Lain Dengan Hal Lain yang Bersifat Umum
Kamu bisa menghafal tabel periodik kimia dengan menggunakan rangkaian kata lucu, contohnya Hari Libur Nanti Kita Rombongan Cus ke Francis untuk membentuk rumus kimia HLN RCF.

Kamu bisa menggunakan cara ini atau hal-hal lain yang lebih mengena dan mudah diingat. Contoh lainnya menggunakan kata Argentina untuk menghafal unsur perak, yakni Ag.

5. Menghafal dengan Lirik Lagu
Siswa bisa mengikuti cara Daniel Radcliffe yang menggunakan lagu untuk menghafalkan unsur-unsur kimia.

Cara ini bisa jadi menyenangkan karena bisa menggunakan lagu yang kita sukai sehingga lebih mudah di hafal. Bahkan sudah banyak referensi lirik lagu yang digunakan untuk menghafal tabel periodik di internet, Grameds bisa mengaksesnya. Ada pula versi karaokenya jika Grameds lebih suka gaya ini.

6. Ketahui Nama Latinnya
Lambang ada tabel periodik hampir semuanya adalah istilah bahasa Inggris, kecuali 10 lambang yang berasal dari singkatan nama latinnya dan 1 unsur (wolfram) dari bahasa jerman.

Jadi, mengetahui nama latinnya dari unsur tertentu dapat membantu untuk menguraikan nama latin dari beberapa unsur kimia anorganik. Perlu diketahui bahwa mayorita akar bahasa romantik (Perancis, Italia, Spanyol, dll) berasal dari bahasa latin.

7. Perhatikan Perbedaan Antar Unsur
Kamu juga bisa memperhatikan unsur-unsur pembeda agar lebih mudah menghafalkannya, yakni melihat lambang unsur yang terdiri dari satu huruf, dua, dan tiga huruf.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1063 seconds (0.1#10.140)