Disambangi Direktur SD, Ibu Nuri Ceritakan Kisah di Balik Sesi Menginap Nadiem

Kamis, 16 September 2021 - 20:10 WIB
loading...
A A A
”Tentu saya dan keluarga menyambut baik. Saya berpikir ini monev hebat sekali, orang kementerian sampai menginap di rumah calon guru penggerak,” tutur Nuri. Ia beserta suami dan ibu bapaknya segera menyiapkan kamar untuk dua orang tamu yang berjanji akan kembali pada sore hari.

Selepas maghrib, sedan hitam datang. Nuri segera menyambut dua orang yang tadi pagi berkunjung itu. Tapi di dalam mobil masih ada satu orang lagi. Dalam hati Nuri mulai timbul rasa heran. Hari yang sudah mulai gelap membuat pandangan tak begitu jelas.

Setelah turun, barulah tampak bahwa yang datang adalah Menteri Nadiem. Ia turun membawa koper. ”Loh, mas menteri mau menginap juga,” tanya Nuri. Perasaannya campur aduk antara gembira, kaget sekaligus bingung.

Iya, memang saya yang punya rencana menginap di sini,” jawab Nadiem sambil tertawa. Nuri salah tingkah sampai-sampai membiarkan begitu saja Mendikbudristek menyeret sendiri kopernya ke dalam rumah.

”Bapak saya sampai gemetaran. Untungnya mas Menteri Nadiem orangnya ramah. Setelah kami duduk di ruang tamu, pelan-pelan beliau mengajak kami ngobrol. Akhirnya kami terlibat dalam obrolan seru,” kata Nuri.

Nuri benar-benar seperti kena prank. Tidak ada satu pun orang kementerian yang memberi tahu ia dan keluarga bahwa Menteri Nadiem akan datang dan menginap. Katanya dua orang petugas monev yang akan menginap, ternyata menteri yang datang. ”Ini benar-benar kejutan yang menyenangkan,” kata Nuri.

Sri Wahyuningsih memberi penjelasan bahwa memang rencana mas menteri menginap di rumah guru sangat dirahasiakan. Bukan hanya tuan rumah yang tidak tahu, para pejabat yang mendampingi Menteri Nadiem kunjungan kerja ke Yogyakarta juga tidak tahu. ”Hanya beberapa orang terdekat saja yang tahu,” ujar Direktur Sekolah Dasar.

Dalam rilisnya, Mendikbudristek menjelaskan bahwa maksud dan tujuannya menginap di rumah Nuri tak lain adalah untuk belajar dari Guru Penggerak. “Program Guru Penggerak itu adalah salah satu program terpenting Kemendikbudristek, karena program ini adalah regenerasi pemimpin-pemimpin sekolah. Kalau saya tidak lagi menjabat sebagai Menteri, yang akan meneruskan transformasi pendidikan adalah para Guru Penggerak,” terang Menteri Nadiem.

“Saya ingin merasakan langsung keseharian sebagai calon Guru Penggerak agar saya lebih memahami. Saya ingin tahu suka dan duka Ibu Nuri sebagai guru. Boleh, Ibu, saya minta izin menginap?,” ujar Mendikbudristek memastikan.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6437 seconds (0.1#10.140)