Untuk Guru: Ini Dia Cara Mengajar Online yang Efektif

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 06:22 WIB
loading...
Untuk Guru: Ini Dia Cara Mengajar Online yang Efektif
Seorang guru sedang mengajar siswanya secara online. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tak bisa dipungkiri, pandemi membawa dampak besar bagi pendidikan. Selama dua tahun belakangan, sebagian besar siswa di Indonesia diwajibkan mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Bagi Anda para guru, tentu setuju jika mengajar online tidak semudah yang dibayangkan. Tidak semua guru mampu membangun komunikasi efektif saat mengajar online.

Walaupun begitu, Anda para guru tentu tidak kenal kata menyerah. Karena, masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran daring. Hal utama yang harus diperhatikan ketika mengajar online adalah, anda harus menemukan strategi untuk membangun komunikasi yang efektif.



Untuk mewujudkannya, Anda hanya perlu menguasai beberapa keterampilan tambahan. Sebagai sikap guru profesional, Anda tentu bersedia mempelajari hal baru demi mempermudah proses belajar siswa. Beberapa keterampilan tersebut di antaranya:

Memahami Media Mengajar Online
Satu di antara ciri guru yang disukai siswa adalah mampu mengikuti perkembangan, tren dan inovasi. Maka dari itu, Anda harus terampil menggunakan berbagai media yang dapat mempermudah proses belajar online. Saat ini, ada banyak aplikasi mengajar online yang bisa Anda manfaatkan selama proses PJJ.

Aplikasi yang paling populer digunakan mengajar online di antaranya, Zoom dan Google Meet. Namun, fitur yang beragam terkadang membuat guru merasa bingung ketika mengajar menggunakan media populer tersebut. Ini berarti, Anda juga harus mampu mengatasi segala kemungkinan jika terjadi masalah. Misalnya cara mengatasi Zoom tidak ada suara, atau mengatasi kamera web yang menghasilkan gambar kurang jelas.



Sayangnya, Anda tidak bisa menjamin jika Anda mampu menggunakan berbagai media tersebut, para siswa juga mampu menerima materi yang disajikan dengan baik. Karena, selalu ada cara bagi siswa untuk mengelabui guru, misalnya dengan cara mematikan kamera saat kuliah daring, memasang profile picture palsu dan masih banyak lagi.

Kreatif Menyajikan Materi Belajar
Selain tanggap terhadap perkembangan teknologi, Anda juga harus memunculkan ide-ide kreatif ketika menyajikan materi pelajaran. Terlebih ketika mengajar online, kita tidak pernah tahu sejauh mana siswa mampu memahami setiap materi yang disajikan. Jadi, jika Anda membawa gaya belajar konvensional ke dalam kelas online, maka besar kemungkinan siswa merasa bosan dan enggan mengikuti materi belajar yang disajikan.

Sebenarnya, tak sulit menemukan cara mengajar online yang kreatif. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai cara menyajikan materi pelajaran kreatif di YouTube dan media sosial lainnya. Misalnya, jika Anda ingin menyajikan materi menggunakan visual dan grafis yang menarik, Anda bisa melihatnya di channel YouTube bimbel online Pahamify. Anda bisa memilih materi yang relevan dengan yang Anda ajarkan, kemudian mereplikasikannya pada saat mengajar online.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)